Indonesian Pomade Enthusiast (IPE); Komunitas Klimis Klasik Asyik!

Di kalangan pengguna motor klasik baik dalam kondisi orisinil maupun sudah dimodif dandanan pengendara wajib disesuaikan diantaranya dengan model rambut. Nah.. salah satu yang menjadi ciri khas adalah penggunaan Pomade.

Sebelumnya pengguna pomade sebatas dari individu yang ingin tampil trendy namun lama kelamaan perlu wadah tersendiri. Virgine Stronger salah satu pentolan dari Indonesian Pomade Enthusiast (IPE) mengatakan, “Kami berdiri sejak Agustus 2013 bagi mereka yang addict terhadap pomade. Awalnya sih hanya 7 orang namun lama kelamaan berkembang menjadi 2500 orang”

Awalnya IPE dibentuk dari group facebook yang sifatnya tertutup. Namun untuk social media lain khalayak ramai bisa melihat di @the_ipe.

IPE sendiri tersebar di kota besar di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Solo, Semarang, Surabaya bahkan Medan.Untuk banderol pomade sendiri yang produk lokal 70 hingga 200 ribu sedangkan yang impor mulai dari 200 sampai 300 ribu.

Pada awalnya sejarah pomade itu terbuat dari lemak binatang seperti babi dan beruang karena pada jaman dahulu dan disukai manusia. Pomade berasal dari bahasa Prancis yaitu pomme yang berarti apel. Lemak binatang dicampurkan dengan sari apel sehingga pomade menghasilkan aroma apel. Lama kelamaan penggunaan lemak binatang dinilai tidak praktis maka bergantilah dengan bahan kimia yang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan lemak binatang.

Sumber: Motor Modif

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *