Satudarah Motor Cycle; “Baku Dapa” Untuk Pererat Silaturahmi Antar Anggota

Di luar ekspetasi orang, Satudarah MC tidak hanya melulu berisi orang Maluku. Begitu pula anggapan komunitas yang berskala dunia ini outlaw, arogan, dan konotasi negatif lainnya harus disingkirkan jauh-jauh begitu mengenalnya dari dekat.

“Kami tidak hanya terdiri dari orang Maluku. Ada orang Jawa, Aceh, Cina, dan sebagainya.Begitu pula SARA lainnya” tandas Dicky Baadillah, selaku Road Captain.

“Satudarah MC sebenarnya dari Belanda, mayoritas di sana Maluku. Karena keturunan Maluku. Mereka tinggal  Belanda membuat club motor. Kita harus menghormati semua tanpa melihat suku, ras, dan yang lainnya.” Tandas Jopi Jacob, bule yang menjabat Sergeant at Arms di Satudarah MC.”MC di kami berarti MotorCycle, sepedamotor. Jadi untuk menjadi bagian dari keluar Satudarah MC, maka harus memiliki sepedamotor. Kami ada aturan motor batangan (sport) setidaknya 200 cc. Ada Thunder 250, juga yang lainnya”

Satudarah MC Jakarta merupakan perwakilan Satudarah MC yang ada di Indonesia, memiliki jumlah anggota 50 orang dan 12 orang anggota utama yang disebut Full Colour. Berdiri sejak Agustus 2011.

Meskipun terlihat tak sulit menjadi bagian dari Satudarah MC akan tetapi untuk masuk tidaklah mudah.

“Untuk menjadi bagian dari kami, tidaklah mudah. Membutuhkan waktu lama hingga 2 tahun. Karena harus mengenal seperti apa adik kami. Untuk bisa masuk harus melalui dari orang yang sebelumnya menjadi anggota Satudarah MC. Bila berkeinginan bisa masuk, ya haruslah cari untuk bisa masuk.” Jelas Jopi.

“Sehingga member lain nyaman dengan keberadaan anggota baru, karena Satudarah MC adalah satu keluarga.“imbuh Dicky.Yang dikejar adalah kualitas bukan kuantitas. Tak heran anggotanya baru 50 orang dengan 38 orang berstatus sebagai prospek (calon anggota).

Satudarah MC tak mengenal istilah kopi darat (kopdar), tapi mereka punya sebutan sendiri untuk acara mempererat tali silaturahim sesama anggota yaitu Baku Dapa.

Komunitas ini memiliki semboyan Lawamena Haulala yang berarti Maju Terus Pantang Mundur. Satudarah MC dibangun dengan pondasi yang begitu kokoh, berintegritas, dan brotherhood yang solid tapi tetap elegan.

Sumber: Motor Modif

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *