Cara Memilih Ide Bisnis, Supaya Bisnismu Laris Manis

Bagi seorang entrepreneur, memilih ide bisnis apa yang akan ditekuni kadang bisa menjadi tantangan tersendiri. Selalu saja ada pertanyaan dalam hati, “apakah ide bisnis ini bagus? Apakah ide bisnis ini menarik?” dan hal yang paling penting, apakah ide bisnis ini nantinya akan laris manis?

Ini dia yang akan dibahas dalam tulisan kali ini. Bagaimana sebenarnya kita menemukan ide bisnis yang nantinya akan laris? Jika profit merupakan keutamaan Anda dalam bisnis, semoga tips dari Komunitas Studentpreneur kali ini bermanfaat.

Untuk menemukan ide bisnis yang LARIS atau GREAT BUSINESS IDEAS, maka Anda perlu memperhatikan 3 aspek:

  1. Aspek Ide bisnis Anda sendiri – Apakah ide bisnis Anda tersebut adalah ide bisnis yang inovatif? Apakah ide bisnis tersebut sesuai dengan passionAnda? Apakah Anda cukup kompeten dan paham tentang ide bisnis tersebut?
  2. Aspek Permintaan Konsumen – Anda sudah menemukan ide cemerlang dan kreatif (menurut Anda), pertanyaan selanjutnya adalah, apakah ide Anda tersebut merupakan solusi dari masalah konsumen? Apakah permintaan konsumen tersebut banyak? Apakah permintaan konsumen tersebut berulang atau membentuk siklus?
  3. Aspek Kompetitor – Apakah ada kompetitor yang sudah menggunakan ide bisnis Anda? Berapa banyak kompetitor yang sudah menggunakan ide bisnis Anda tersebut?

Dari ketiga hal tersebut, kemudian Anda bisa membuat 3 lingkaran dan melihat pemetaan dari ide bisnis yang akan Anda geluti. Untuk mempermudahnya, silakan perhatikan gambar berikut ini,

Finding Great Business Ideas

Dari gambar di atas, Anda dapat menemukan bahwa ide bisnis paling LARIS adalah ide bisnis yang menarik, sesuai dengan apa yang Anda suka, apa yang Anda bisa, dan memiliki inovasi yang tidak dimiliki kompetitor, namun merupakan solusi yang dibutuhkan oleh konsumen.

Semoga bermanfaat!

Sumber: Komunitas Studentpreneur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *