Komunitas Sahaja; Kelompok studi sastra dan penulisan kreatif

Komunitas Sahaja adalah sebuah kelompok studi sastra dan penulisan kreatif yang terdiri dari kalangan pelajar, baik SMP, SMA maupun tingkat Universitas. Sejak dibentuk pada tanggal 24 Mei 2006, kini Sahaja telah memiliki lima belas orang anggota inti dan sebelas anggota non inti.

Semula, kelompok ini bernama Teater Dua Saja, di mana sebagian besar anggotanya terdiri dari alumni SMPN 2 Denpasar. Akan tetapi, karena tak ingin terlampau menutup diri dan mengesankan bahwa komunitas ini hanya berasal dari almamater yang sama, komunitas ini pun berganti nama, menjadi Komunitas Sahaja.

Adapun tujuan berdirinya komunitas ini adalah guna memberikan pengalaman kreatif bagi masing-masing anggotanya, misalnya saja pengembangan kecakapan berbahasa dan sastra, serta kemampuan berorganisasi melalui berbagai kegiatan kepanitiaan. Hal ini tak hanya diwujudkan dengan pelaksanaan agenda rutin Komunitas seperti pembahasan kiat-kiat proses penulisan puisi, cerpen, esai maupun tulisan ilmiah populer, yang kemudian dilengkapi dengan diskusi terbuka yang membahas karya pribadi, sastrawan ternama maupun perkembangan sastra terkini. Komunitas Sahaja juga mengelenggarakan beberapa program yang berkaitan dengan seni dan budaya seperti bedah buku, pembukaan pameran lukisan, pementasan musik akustik, serta event lain yang bertaraf lokal, nasional, maupun internasional.

Prestasi yang diraih oleh anggota Komunitas umumnya berupa penghargaan dalam lomba teater (monolog), serta pembacaan puisi. Selain itu, sebagian besar anggota Komunitas Sahaja berhasil menjuarai berbagai lomba penulisan, baik penulisan puisi, cerpen dan esai tingkat lokal maupun nasional. Di antaranya Juara II Lomba Menulis Puisi South to South 2007, Juara I Lomba Menulis Puisi tentang Musibah Dewan Kesenian Semarang 2007, Juara Umum Lomba Penulisan dan Pembacaan Puisi se-Indonesia Sampoerna AGRO 2007, Juara I Lomba Esai Global Warming yang diadakan oleh Kompas Gramedia Fair 2007 dan sebagainya.

Karya-karya anggota Komunitas Sahaja juga telah dimuat di media-media surat kabar, seperti Jurnal Sundih, Bali Post, Media Indonesia, Majalah Femina, Koran Tempo hingga Kompas Minggu. Bahkan, pada bulan Maret 2008, Komunitas ini juga telah menulis dan menerbitkan sebuah buku mengenai perjalanan kreatif Made Wianta yang berjudul Waktu Tuhan.

Sejak tahun 2007 hingga kini, Komunitas Sahaja juga telah menyelenggarakan berbagai kegiatan kebudayaan, bekerjasama dengan lembaga-lembaga kebudayaan seperti Goethe Institute Jakarta, Mainteater-Bandung, Alliance Francaise Denpasar, Bentara Budaya Bali dan lain sebagainya. Sedari tahun 2009, Komunitas Sahaja aktif bekerjasama dalam berbagai program di Bentara Budaya Bali, antara lain dalam program Sinema Bentara, Bali Tempoe Doeloe, Pustaka Bentara, Workshop Cerpen Kompas, dll.

Sumber: Bentara Budaya Bali

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *