Komunitas Psikologi Peduli Gelar “Psikologi Peduli Lansia: Berbagi Berbuka Bersama”

Komunitas Psikologi Peduli (PsPe) yang digaungi oleh alumni sarjana Psikologi S1 Universitas Mulawarman melaksanakan “Psikologi Peduli Lansia: Berbagi Berbuka Bersama” di Lansia Center atau UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Putri, Sabtu (18/06) lalu. Komunitas ini juga menggandeng Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik Universitas Mulawarman.

Kegiatan ini bertujuan dalam rangka mewujudkan kepedulian terhadap sesama, memotivasi diri, dan mengajak orang lain untuk ikut serta dalam kegiatan sosial, memberikan pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan nilai persaudaraan, dan berbagi kebahagiaan bersama khususnya lansia.

“Tahun-tahun sebelumnya kami biasanya mengadakan berbagi berbuka bersama dengan anak yatim, juga sebelumnya kami pernah mengadakan kegiatan Psikologi Peduli Lansia dengan rangkaian acara hiburan untuk lansia. Tahun ini kami memutuskan untuk mengadakan di Lansia Center lagi. Kami ingin menyambung silaturahim,” jelas Wahyu Rahmat selaku ketua komunitas Psikologi Peduli.

Kegiatan ini berjalan lancar atas kemurahan pihak sponsor dan donator. Adapun kegiatan ini juga didukung oleh KFC Samarinda, Biro Psikologi Prima Solution, Print Center ID, dan Daihatsu Samarinda. Selain berbuka bersama, Psikologi Peduli ini juga membagikan sarung gratis dan tajil serta makan malam kepada 120 lansia yang berada di Lansia Center. Adapun, lansia yang tinggal di Lansia Center ini berasal tidak hanya dari Samarinda saja, seperti yang diungkapkan oleh Abdullah selaku perwakilan pendamping lansia. Ada lansia yang terlantar dan ditelantarkan, semua ditampung dengan syarat persetujuan dari pihak keluarga atau yang berwenang. Tiap hunian lansia juga terdapat pendamping.

Ada hal unik yang relawan dapatkan sepanjang kegiatan. Selain mendengarkan kisah hidup para lansia yang dilakukan personal oleh relawan untuk membangun kedekatan. Ada kakek yang menyendiri tapi antusias memanggil relawan yang lewat dan menunjukkan  sebuah fotocopy kartu identitas lalu berusaha mengatakan bahwa dirinya bertitle “Drs.”. Tentu hal ini menyisyaratkan betapa mereka butuh didengar dan diperhatikan.

Komunitas Psikologi Peduli yang memiliki motto “Act Because We Care” ini sendiri membuka kegiatan berdasarkan ide dari anggotanya, yang berasal dari observasi permasalahan di lingkungan lalu diwujudkan melalui kegiatan sosial. PsPe yang berdiri pada tanggal 7 November 2012 ini juga sebagai wadah dalam penyelenggaraan kegiatan, membangun kerjasama dengan berbagai pihak untuk menyukseskan kegiatan sosial yang diusung dengan mengedepankan pendekatan psikologi. Membuat ilmu psikologi lebih aplikatif.

Sumber: UNMUL

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *