Komunitas Jazz Kemayoran; Wadah Para Penikmat Musik Jazz

Jazz merupakan salah satu genre musik yang diminati oleh banyak orang. Musik jazz sendiri memang sagat syahdu dengan iramanya yang lembut dan menentramkan hati. Banyak sekali orang yang menikmati dan menyukai musik jazz di Indonesia. Penggemar musik jazz sendiri datang dari kalangan remaja serta para orang tua. Musik jazz sendiri terkenal dengan musik yang easy listening yang sangat menentramkan hati dan pikiran. Musik jazz ini sudah berkembang dan diminati oleh penyayi Indonesia sejak lama sampai dengan sekarang. Aliran musik yang menyennangkan ini bahkan menjadikan banyak penyayi Indonesia yang menjadi terkenal karena suaranya yang khas dalam menyayikan lagu dengan irama jazz.

Kegemaran menikmati musik jazz mempelopori terbentuknya salah satu komunitas yang unik yang menamakan diri mereka sebagai Komunitas Jazz Kemayoran (KJK). Tentunya, komunitas jazz ini mempunyai sebuah sebuah kediaman di wilayah Kemayoran, Jakarta. Komunitas ini didirikan oleh seorang musisi bernama Beben Jazz yang terdiri dari yang menguasai alat music gitar, terompet, dan juga dapat menjadi vokalis. Beliau merupakan dosen musik di sebuah Universitas swasta. Komunitas Jazz Kemayoran ini berdiri pada tahun 2004. Komunitas ini beranggotakan para remaja yang mempunyai kegemaran menikmati musik jazz. Mereka berkumpul dan bergabung untuk bertukar pendapat serta bersama – sama menikmati musik jazz.

Selain komunitas jazz yang sudah berkembang di Jakarta, penggemar musik jazz pun mulai bermunculan di kota – kota besar lainnya. Pecinta music jazz yang berasal dari kota – kota besar seperti Bandung, Surabaya, serta Yogyakarta, dan juga Bali. Musik jazz banyak diputar di kafe – kafe untuk memberikan suasana yang nyaman dan romantis. Nah, di zaman sekarang ini yang beberapa genre musik nya lebih populer seperti pop, rok, dan dangdut, kehadiran musik jazz ternyata tidak pernah tergantikan bagi para pecinta musik jazz. Musik jazz di Indonesia sendiri mulai hadir pada tahun 90-an yang dinyayikan oleh penyayi jazz di Indonesia dan hebatnya masik terus dinikmati sampai sekarang dengan pecinta nya yang turun – temurun.

Deretan penyanyi jazz Indonesia yang populer seperti Glen Fredly, Tompi, Sandi Sandoro, Indra Lesmana, Andien, Gilang Ramadhan dan masih banyak sekali yang lain mampu membuat musik jazz di Indonesia menjadi semakin fenomenal. Kehadiran penyanyi baru seperti Citra Scholastika dan Raisa pun semakin menambah dan membuat musik jazz di Indonesia menjadi lebih menarik dengan suara mereka yang begitu merdu ketika menyanyikan lagu jazz. Oke, kembali kepada komunitas music jazz atau KJK Jakarta, komunitas ini memiliki visi dan misi yang sangat baik untuk semua orang. Diantara misi tersebut adalah Silaturahmi lewat jazz, bermanfaat, serta tidak ada syarat tertentu untuk menjadi anggota komunitas musik Jazz di KJK ini.

Dengan misi sederhana silaturahmi lewat jazz mereka lakukan dengan mengadakan pertemuan – pertemuan rutin di setiap bulan nya untuk menjadikan hubungan mereka semakin akrab pada orang – orang yang memiliki hobi yang sama. Dengan demikian, mereka yang mengetahui lebih banyak tentang jazz bisa memberikan informasi kepada yang menanyakan. Edukasi artinya melalui komunitas jazz mereka akan memperkenalkan musik jazz kepada masyarakat bahwa musik jazz cocok untuk semua usia dari anak – anak sampai dengan orang tua. Semuanya bebas untuk belajar tentang musik jazz. Dan yang terakhir bermanfaat artinya melalui komunitas musik jazz anggota bisa mampu saling membina yang dapat diaplikasikan kemudian di kehidupan keluarga serta masyarakat. Itulah jazz, sebuah genre musik yang menyenangkan yang diharapkan mampu bertahan sampai era kedepannya.

Sumber: Jakarta Hari Ini

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *