Senam Tera Indonesia: Langganan Juarai Berbagai Lomba Senam

Komunitas senam yang beranggotakan 400 orang ini terbentuk sejak 29 tahun lalu. Mayoritas anggotanya para lansia pria dan wanita yang berusia di atas 50 tahun. Mereka kerap melakukan senam di pelataran parkir mal Pluit Village. Satu di antaranya berlatih senam taichi. Gerakan senam pernapasan asal negeri Tiongkok itu cocok untuk para lansia. Komunitas ini bertujuan mewujudkan para anggotanya menjadi sehat dan gembira tanpa beban secara jasmani dan rohani. Sebab, jika sehat, maka pikiran akan damai dan indah.

Lya Soewandi, ketua komunitas Senam Tera Indonesia Sasana Pluit Village, mengatakan seluruh anggota grup senam ini berdomisili di Jakarta Utara. Wilayah tempat tinggal anggota itu di antaranya meliputi kawasan Pluit, Pantai Indak Kapuk, Muara Karang, Muara Angke, Muara Baru, Gedong Panjang dan Tanah Pasir.

Komunitas senam ini sebelumnya bernama Grup Senam Taichi. Kemudian, berganti nama menjadi Tera Indonesia yang dikukuhkan oleh Bambang Sutomo pada 1985. Ketua Dewan Pembina Senam Tera Indonesia adalah Wiranto, dan Penasihat Senam Tera Indonesia Sasana Pluit Village adalah Teguh Handoko Bambang. Pusat perbelanjaan ini menjadi sasana (tempat berlatih) juga atas dukungan penuh dari penasihat kami,” tutur Lya, ketua komunitas Senam Tera Indonesia Sasana Pluit Village.

Lebih lanjut Lya menjelaskan, kegiatan senam dilaksanakan setiap pagi dari pukul 05.30 hingga pukul 06.30 di halaman parkir barat mal Pluit Village. Adapun jenis senam itu, di antaranya senam kipas, taichi 24 dan taichi 18, line dance, dan sebagainya. Usai senam pagi, mereka sarapan bubur. Tak ketinggalan camilan yang menyehatkan untuk santapan plus air putih guna mengusir dahaga setelah makan-makan bersama.

Selain rutin melakukan senam, mereka juga peduli pada sesama. Salah satunya pernah membantu korban banjir dan kebakaran. Para anggota komunitasi ini mengumpulkan uang untuk diberikan kepada korban bencana tersebut. Mereka pun kerap berpelesiran ke kawasan asri dan berhawa sejuk guna melepas kepenatan rutinitas.“Kami juga sering mengikuti lomba senam, baik tingkat nasional maupun internasional. Seperti lomba senam tera, poco-poco dan taichi yang pernah kami ikuti tingkat DKI Jakarta. Dan, kami selalu keluar sebagai juara. Kami pun pernah menjuarai lomba senam di Tiongkok,” pungkas Lya.

sumber : infonitas.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *