SEBANGSA dan KOMUNITA.ID dengan Hari Komunitas Nasional Menggelar Acara “DISKUSI TERBUKA: GERAKAN SOSIAL DI ERA DIGITAL”

Jakarta, 11 Agustus 2016 – SEBANGSA, Media Sosialnya Komunitas Indonesia dan KOMUNITA.ID, Media Lintas Komunitas Indonesia, bersama dengan Hari Komunitas Nasional mengadakan seri ke-3 KOPDAR bertajuk DISKUSI TERBUKA: GERAKAN SOSIAL DI ERA DIGITAL, yang bertempat di Wisma Kemenpora, Jakarta Pusat. Acara kali ini merupakan penutupan dari rangkaian program Bangkit Komunitas 2016 yang selama ini didukung penuh oleh BUKALAPAK serta didukung pula oleh KOMINFO, Telkom Indonesia, Astra Internasional, Nutrifood, Aqua Danone, Nestle, dan Blue Bird.

Acara dibuka oleh Indira B. Widjonarko selaku Founder & Chairwoman SEBANGSA dan KOMUNITA.ID. Dalam kesempatan ini, Indira menjelaskan kontribusi SEBANGSA App dalam mendukung program Bangkit Komunitas 2016. “SEBANGSA sudah berkolaborasi dengan berbagai komunitas. Kegiatan yang dilakukan pun beragam, mulai dari pelatihan komunitas, pentas seni, pameran rekam jejak komunitas, talkshow, hingga kegiatan rutin ‘Bincang Hangat’ di SEBANGSA HQ,” tutur Indira.

Tak hanya itu, Indira pun turut menyampaikan laporan terkini statistik KOMUNITA.ID, situs yang menghadirkan informasi komunitas secara lengkap, mulai dari direktori komunitas, liputan kegiatan, profil komunitas, profil pegiat komunitas, hingga tips ala komunitas.

“Salah satu yang juga menjadi alasan dibuatnya KOMUNITA.ID adalah untuk mendukung semangat para pegiat komunitas dan relawan yang berjuang tanpa kenal lelah demi kepentingan orang-orang yang membutuhkan. Kehadiran KOMUNITA.ID diharapkan bisa menjadi sarana komunikasi lintas komunitas untuk menyebarkan informasi penting secara viral. Seperti info kebutuhan transfusi darah atau donasi pasien anak pengidap kanker, sehingga pada akhirnya kita dapat memberi harapan dan manfaat bagi banyak orang,” ungkap Indira.

Saat ini komunitas yang terdaftar dalam KOMUNITA.ID jumlahnya lebih dari 3.500 komunitas. Oleh sebab itu, situs ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi komunitas yang berguna terutama bagi mereka yang memiliki minat untuk berkomunitas. Di 2016, sambung Indira, SEBANGSA memfokuskan diri sebagai media sosialnya komunitas Indonesia. Komitmen SEBANGSA untuk membangun komunitas Indonesia ditandai dengan menginisiasi gerakan Bangkit Komunitas 2016.

Sementara itu, Enda Nasution, Founder SEBANGSA dalam kesempatan yang sama turut menyampaikan laporan rangkaian kegiatan Gerakan Bangkit Komunitas 2016. “Berbagai ilmu seputar membangun dan membesarkan komunitas sudah kami sampaikan dalam rangkaian ‘Pelatihan Komunitas’.  Setelah melakukan workshop dengan beberapa perwakilan anggota Kamar Penasihat Komunitas beberapa waktu lalu, saat ini modul panduan berkomunitas memasuki tahap akhir pembuatannya. Dengan demikian ke depannya siapa pun yang ingin berkomunitas tak lagi bingung, karena panduannya telah tersedia,” jelas Enda.

Tak sampai di situ saja, SEBANGSA dan KOMUNITAID kali ini juga menyajikan “Diskusi Terbuka: Gerakan Sosial di Era Digital” yang menyoroti tantangan dan harapan puluhan komunitas dengan fokus kegiatan yang berbeda, di antaranya kepemudaan, kesehatan, pendidikan, sosial, lingkungan hidup, wisata, seni, dan budaya.

Enda berujar, “Munculnya komunitas dan gerakan-gerakan masyarakat di Indonesia adalah karena masyarakat kini tidak lagi harus bergantung pada pemerintah untuk menyelesaikan masalah yang ada di sekitar kita. Selama kita memiliki kesamaan visi dan misi, dibantu dengan perangkat digital, maka kita dapat membantu menyelesaikan masalah yang ada.”

Dalam kesempatan yang sama Indira turut menambahkan, “Di era digital, kampanye gerakan sosial sebuah komunitas akan lebih mudah disebarkan dan menjadi viral, salah satu cara efektifnya dengan menggunakan media sosial. SEBANGSA sendiri memiliki misi mendukung gerakan sosial ‘Berbagi dan Membangun’ yang fokus tujuannya membantu kolaborasi antarkomunitas dengan menyediakan platform sosial media yang menjadi tempat komunikasi lintas komunitas seluruh Indonesia.”

 Acara diskusi terbuka ini selain bertujuan memberi ruang bagi komunitas untuk menyampaikan uneg-uneg serta data dan fakta berdasarkan pengalaman mereka di lapangan, para komunitas juga bersama-sama mencari solusi atas permasalahan yang ada. Tak hanya itu, diskusi tersebut sekaligus ditujukan untuk membakar semangat kolaborasi antarkomunitas serta menginspirasi generasi muda Indonesia untuk bergerak dan berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak.

Hal tersebut diamini oleh Indira, ia pun menuturkan, “Kami berharap ke depannya juga akan bermunculan komunitas yang lebih beragam namun tetap bersatu dan berbuat yang terbaik bagi Indonesia.”

Pada penutupan rangkaian Gerakan Bangkit Komunitas 2016, SEBANGSA dan KOMUNITA.ID juga memberi penghargaan ‘Komunitas Terbaik Bangkit Komunitas 2016’.  Indira menjelaskan, “Tiga komunitas yang meraih penghargaan ‘Komunitas Terbaik Bangkit Komunitas 2016’ memenuhi kriteria penilaian antara lain, komunitas tersebut memiliki program atau kegiatan yang inovatif dan berdampak luas bagi masyarakat, aktif berkegiatan online di SEBANGSA App, serta mendukung rangkaian Gerakan Bangkit Komunitas 2016.”

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

1 Comment

  1. mahmud says:

    keren

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *