Peringati HUT RI Ke-71, Komunitas Sawah Lio Ajak Anak Cegah Kebakaran

Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia tidak melulu harus dengan kemeriahan suasana lomba. Seperti yang dilakukan komunitas Sawah Lio Solidarity (SSS) yang mengajak sejumlah anak mengenal cara memadamkan api di halaman SDN Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat.

Ketua SSS, TB. Andri Adam mengatakan, sosialisasi ini dilakukan agar warga bisa mencegah dan melakukan pertolongan pertama kepada bahaya kebakaran. Terlebih bagi warga Tambora yang wilayahnya kerap dilanda musibah kebakaran. “Kita edukasi anak-anak agar tidak bermain api,” tuturnya, (17/8/2016).

Dia menjelaskan, pihaknya sengaja menanamkan edukasi bahaya kebakaran pada anak karena ingatan pada anak cepat melekat. Setidaknya emosional anak ikut tergugah melihat para petugas pemadam kebakaran. “Siapa tau mereka akan terinspirasi ingin menjadi petugas pemadam kebakaran nantinya,” jelasnya.

Sementara itu, petugas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Sektor Tambora Moch Iqbal R menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan sejumlah agenda sosialisasi kepada warga. Menurutnya, sosialisasi memiliki dampak berkurangnya bahaya kebakaran di wilayah Tambora.

“Untuk anak-anak, kita tampilkan video kartun gajah Pampi (Pemadam Api). Video berdurasi sekitar 1 jam itu berisi bahaya bermain api, serta pengenalan unit Damkar hingga peralatannya,” paparnya.

Selain program edukasi anak, komunitas SSS juga menyelenggarakan berbagai perlombaan seperti mewarnai, futsal, pembacaan puisi. Nampak antusias warga hadir dalam acara tahunan peringatan kemerdekaan Indonesia ke-71 ini.

Sumber: Infonitas

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *