Browsing di Internet Lebih Aman dengan Privacy Badger

Sobat IT, ketika kita melakukan penjelajahan di internet (browsing), seringkali kita menemukan banyak iklan. Terkadang, iklan-iklan tersebut mengandung spyware yang bisa saja mencuri data-data pribadi kita, seperti browsing history, password, bahkan data transaksi online. Tentu saja hal ini sangat berbahaya.

Namun, sekarang masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah. Bagi pengguna Mozilla Firefox dan Google Chrome, ada sebuah addon yang dapat memblokir iklan-iklan yang mengandung spyware sehingga aktivitas browsing akan menjadi lebih aman. Addon tersebut bernama Privacy Badger.

Privacy Badger yang dikembangkan oleh Electronic Frontier Foundation (EFF) ini dapat mendeteksi dan memblokir iklan-iklan di internet yang mengandung spyware. Namun, iklan-iklan tersebut juga bisa di-unblock apabila pihak yang bersangkutan mampu membuktikan kepada pihak pengembang Privacy Badger ( EFF) bahwa mereka bersungguh-sungguh untuk menghormati permintaan “Do Not Track”. Jika server pihak ketiga melacak aktivitas pengguna tanpa persetujuan, maka Privacy Badger akan secara otomatis tidak mengizinkan konten dari pelacak pihak ketiga tersebut.

Mengingat pentingnya keamanan ketika kita berselancar di internet, maka Privacy Badger ini bisa menjadi salah satu addon penting untuk pengguna Mozilla Firefox dan Google Chrome. Bagi sobat yang berminat menggunakan Privacy Badger, sobat bisa langsung masuk ke website resminya di alamat https://www.eff.org/privacybadger.

Sumber: IT Center For The Blind

Gambar: EFF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *