Sanggar Bapontar: Lestarikan Budaya Kawanua di Jakarta

Sanggar Bapontar adalah komunitas Minahasa di Jakarta yang berupaya melestarikan budaya Minahasa dengan berbagai kreasi yang kami miliki.

Kemajuan kebudayaan bangsa dan peradabannya, membawa serta, dan sekaligus secara timbal-balik dibawa serta oleh kemajuan keseniannya ( Meutia Farida Susono ).

Sejalan dengan merebaknya dinamika global yang terbuka pada kemajemukan dan multikulturalisme, apresiasi masyarakat dunia terhadap keragaman budaya dan nilai-nilai yang dikandungnya makin menguat. Interaksi antar budaya juga makin meluas. Karenanya, proses globalisasi yang sedang dan akan terus berlangsung, hendaknya disikapi sebagai peluang sekaligus tantangan bagi pelestarian dan jati diri budaya bangsa. Menyadari akan nilai penting kebudayaan, Indonesia mencanangkan pembangunan kebudayaan sebagai salah satu prioritas nasional. Melalui pembangunan kebudayaan diharapkan :
1. Tumbuh mapan jati diri bangsa yang berbasis keragaman budaya.
2. Terjaga kelestarian budaya masyarakat.
3. Peningkatan apresiasi terhadap keragaman serta kreativitas kesenian daerah, dan untuk mendukung ke semua ini dibutuhkan kehadiran sumber daya manusia kebudayaan yang mumpuni.
Kebudayaan suatu bangsa, banyak terekspresikan melalui aneka ragam dan aneka dimensi kesenian. Kesenian merupakan wujud ekspresi kebudayaan dengan muatan yang sarat akan nilai-nilai budaya.
Karenanya, dalam kerangka besar pembangunan kebudayaan nasional, kehadiran kesenian tradisional sebagai salah satu wadah artikulasi kekayaan dan nilai-nilai budaya bangsa sangat strategis, dan upaya pelestariannya perlu dimaknai sebagai langkah strategis. Dihadapkan pada tantangan untuk melindungi, mengembangkan dan mengangkat manfaat kesenian tradisional Minahasa sebagai aset kultural bangsa, para pihak yang peduli mengambil
prakarsa membentuk Sanggar BAPONTAR sebagai wadah konsultasi, koordinasi dan pelayanan untuk mengetengahkan kesenian tradisional Minahasa di wilayah DKI Jakarta dengan motto:
Kehadiran kesenian tidak lagi terbatasi oleh klaim wilayah.

Sumber: Laman Sanggar Bapontar

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *