Komunitas Pemusik Klasik di Banda Aceh Galang Dana Peduli Suriah

Sejumlah pemuda Aceh yang tergabung dalam Aceh Humanity menggalang dana untuk membantu korban perang di Aleppo, Suriah, Senin malam, 19 Desember 2016.

Aksi solidaritas penggalangan dana dengan menampilkan pentas musik ini bertujuan untuk membantu umat muslim Suriah akibat kebiadaban rezim Bashar Al-Assad.

Koordinator aksi, Deni Pranata mengatakan, penggalangan dana lewat pentas musik dari satu cafe ke cafe lainnya di Kota Banda Aceh. Adapun tujuannya adalah untuk menggalang dana dan sekaligus mengajak kepada seluruh masyarakat Aceh agar peduli terhadap kondisi umat muslim di Suriah.

“Aksi kami ini murni karena panggilan hati dan jiwa setelah melihat ratusan jiwa saudara kita di Suriah akibat kebiadaban rezim Bashar Al-Assad,” kata Deni Pranata kepada mediaaceh saat ditemui di De Philosophy Premiun Coffee Pango Raya, Banda Aceh.

Menurutnya, komunitas aliran musik alternatif klasik ini aktif sejak beberapa hari terakhir. Hal ini berdasarkan atas persamaan persepsi dan tujuan dalam membantu mengkampanyekan rasa solidaritas dan kepedulian terhadap nasib umat muslim di Suria. Pasalnya, kata Deni lagi, hingga saat ini warga Aleppo, Suriah masih dibayang-bayangi kematian jiwa yang bisa terjadi kapan saja.

“Bahkan ratusan nyawa telah menjadi korban kebiadaban dari sebuah otoritarianisme rezim represif. Maka, atas inisiatif inilah perlu aksi nyata dalam  menghentikan krisis berkepanjangan ini sehingga mengecam saja tidak cukup. Hati kita hancur menyaksikan ratusan nyawa tak berdosa lenyap bertumbangan seperti disiarkan media. Rasa kemanusiaan kita benar-benar dicabik-cabik,” kata Deni Pranata.

Ia mengaku, kegiatan ini dilakukan secara spontan dengan melibatkan sejumlah komunitas pemusik di Kota Banda Aceh. Saat ini, komunitas ini sudah beranggotakan 11 orang ini siap menyambangi dari satu warung kopi ke warung kopi lainnya di Kota Banda Aceh dengan menampilkan musik klasiknya.

“Insya Allah, sehabis Magrib kami mulai bergerak dari satu cafe ke cafe lainnya di Kota Banda Aceh. Dan dalam dua hari ini kami juga mengajak kepada seluruh warga kota Banda Aceh dan Aceh untuk terus berpartisipasi membantu saudara kita disana dengan menfollow akun instagram kami #Aceh.Humanity dan #PemudaAcehPeduli,” ujar Deni Pranata.

Sumber: Media Aceh

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *