Langkah Memasang Door Stay Damper Pada Kap Mesin Daihatsu Ayla

Ada-ada saja inovasi yang dilakukan para anggota Club Ayla Indonesia (CAI) ini, namun yang menariknya aplikasi ini memiliki nilai praktis yang bisa menjadi inspirasi buat mobil tipe lain.
Bersama perwakilan CAI Ferry Wongsodiwirdjo, Radithya Egie dan Teguh yang sempat kami temui, berikut adalah langkah-langkah untuk memasang sokbreker (door stay damper) pada kap mesin Daihatsu Ayla.
Aplikasi ini memudahkan saat membuka kap mesin, tidak perlu ribet harus menggunakan tuas ganjal kap mesin. Sebab begitu kap mesin diangkat sudah otomotis tertahan oleh dorongan sokbreker.
Alat-alat yang diperlukan adalah; Mur, baut, dan ring untuk mengunci sokbreker pada dudukannya. Dudukan sokbreker yang dibuat custom dari plat besi menyesuaikan posisi baut pabrikan dengan dudukan sokbreker. Sokbreker tipe teleskopik, ukurannya hampir sama dengan yang digunakan pada pintu bagasi belakang yang memiliki long travel sekitar 20cm.
Nah, cara pasangnya, lepas baut dan kancing pengunci gril yang terletak dekat lampu depan untuk dudukan bawah sokbreker. Kancing pengunci bawaan dilepas dengan menarik bagian atasnya, bisa dicongkel dengan menggunakan obeng.
Pasang dudukan sokbreker, kunci dengan mur dan baut yang telah disediakan. Untuk mengunci ujung sokbreker di kap mesin gunakan susunan baut seperti ini, sengaja dibuat demikian agar sokbreker masih bisa sedikit bergerak sebab kalau dibuat pakem sokbreker bisa pecah karena gerak yang berat.
Kencangkan dudukan bawah hingga pakem tidak seperti dudukan atas pada kap mesin. Yang perlu diperhatikan adalah posisi akhir dari kinerja sokbreker harus sejajar dengan bidang kap mesin agar kap mesin bisa menutup sempurna, seperti juga halnya posisi sokbreker pada bagasi belakang.
Lepas tuas pengganjal kap mesin. Nah, jadi deh!
Sumber: OTOMOTIFNET

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *