Sejumlah Komunitas Anak Muda Rembang Gotong Royong Bersihkan Pantai Balongan

Untuk mengenalkan destinasi wisata Pantai Balongan yang berada di desa Balong Mulyo kecamatan Kragan, Minggu (15/1) sejumlah komunitas bergotong royong membersihkan sampah yang bertebaran di sepanjang pantai Balongan. Kegiatan tersebut merupakan gagasan dari Ikatan Mas Mbak Rembang (IMMR) dan ikatan Putra Putri Maritim Rembang (IPPMR).

Romi adi, salah satu panitia kegiatan menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan aksi sapta pesona dari program kerja IMMR dan IPPMR. Kegiatan serupa sebelumnya juga telah digelar di Pantai Wates, Pantai Karangjahe, dan Pantai Caruban.

“Pantai Balongan ini kan baru, sehingga kami harap dengan kegiatan ini, wisata pantai Balongan bisa semakin di kenal di kalangan masyarakat,” ungkapnya.

Romi menambahkan, dengan kegiatan itu juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal kepariwisataan. Menurutnya, Pantai Balongan memiliki potensi yang layak dikembangkan layaknya Pantai karangjahe yang berada di desa Punjulharjo kecamatan Rembang.

Dalam kegiatan itu, pihaknya juga mengajak sejumlah komunitas maupun organisasi yang ada di Rembang. Sedikitnya ada belasan komunitas yang ikut bersih pantai, seperti komunitas pecinta alam, komunitas media sosial, hingga komunitas motor.

“Kami coba mengajak komunitas lain untuk bergabung dalam kegiatan ini, caranya dengan promosi di media sosial. Ternyata respon dari komunitas ini luar biasa,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid pemasaran pariwisata Dinbudpar Rembang, Winaryu Kutsiah yang turut hadir dalam kegiatan itu mengapresiasi acara bersih – bersih pantai oleh sejumlah komunitas itu. Ia tak menyangka sejumlah komunitas yang mayoritas anggotanya merupakan anak muda bisa peduli terhadap potensi wisata yang ada di Rembang, khususnya Pantai Balongan.

Promosi wisata bisa dilakukan oleh siapa saja,tidak hanya dari pemkab. Seperti tadi belum apa-apa mereka sudah promosi, setelah bersih -bersih juga berfoto selfie dan nanti diupload di medsos,”tuturnya.

Sementara itu,Ketua Karangtaruna Tukul Raharjo desa setempat,Ali Nasikin mewakili warga sangat berterima kasih atas inisiatif para komunitas untuk peduli terhadap pantai yang ditumbuhi ratusan pohon cemara dan kelapa itu. Mereka termotivasi dengan apa yang dilakukan oleh komunitas yang notabene orang luar desa yang sangat peduli dengan perkembangan pantai Balongan.

Sumber: Kawan Muda

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *