Komunitas Peduli Generasi Melakukan Cek Kesehatan Gratis bagi Warga Pulau Rimau

Komunitas Peduli Generasi di antaranya merupakan mahasiswa Universitas Malahayati Provinsi Lampung melaksanakan bakti sosial bagi warga pulau terluar. Komunitas ini memberikan pelayanan kesehatan  bagi siswa siswa sekolah dasar (SD) Negeri 5 Pulau Rimau dan  warga Pulau Rimau yang berjumlah sekitar 80 kepala keluarga.
Aksi yang dilakukan pada (12/1/2017) tersebut menurut Encep Supriyadi selaku koordinator komunitas peduli generasi Lampung dilakukan sebagai langkah kepedulian. Kebetulan  komunitas beranggotakan sebagian merupakan mahasiswa  Fakultas Kesehatan Program Studi (prodi) Kedokteran Umum semester 7.
Ia mengungkapkan perhatian dan kepedulian kesehatan bagi masyarakat terutama di wilayah terpencil saat ini menjadi kepedulian bagi komunitas peduli generasi dengan memberikan perawatan kesehatan secara gratis akibat minimnya fasilitas kesehatan meski ada fasilitas kesehatan puskesmas meskipun harus menempuh perjalanan yang cukup jauh.
“Kita tetap melibatkan petugas kesehatan yang ada di sini dan relawan peduli generasi dengan tujuan meningkatkan taraf kesejahteraan kesehatan,”ungkap Encep Supriyadi selaku koordinator kegiatan peduli generasiKamis (12/1/2017)
Selain kegiatan tersebut ia mengungkapkan selain kegiatan sosial yang ada di pulau terluar sebelumnya di Pulau Pahawang Kabupaten Pesawaran komunitas peduli generasi juga memiliki kegiatan diantaranya dengan kegiatan rumah singgah peduli. Rumah singgah tersebut juga merupakan layanan sosial kesehatan bagi pasien tidak mampu. Selain itu kegiatan rumah singgah bertujuan mewujudkan rumah singgah gratis bagi pasien kurang mampu,mewujudkan rumah singgah sehat,bersih dan nyaman.
Selain itu keberadaan rumah singgah peduli juga memberikan perhatian bagi pasien yang menjalani rawat jalan dengan terbentur masalah kondisi sosial selama proses pengobatan sehingga masyarakat akan terbantu.
Rumah singgah Bandarlampung Rumah Singgah Peduli Generasi tersebut juga melakukan kegiatan setiap car free day dengan melakukan pengecekan gula darah, kolesterol serta beberapa penyakit lain. Sementara khusus dalam kegiatan sosial di Pulau Rimau Balak Desa Sumur Kecamatan Ketapang dilakukan dengan beberapa kegiatan.
Mereka melakukan aktivitas pemeriksaan tekanan darah (tensi), timbang berat badan,penyuluhan kesehatan terutama Pola Hidup Bersih dan Kesehatan (PHBS) diantaranya bagi anak anak yang ada di pulau untuk menerapkan pola hidup bersih meski berada di pulau terluar konkritnya bersama komunitas lain dan juga personil Polres Lampung Selatan juga memberikan alat alat mandi berupa sabun,sikat gigi serta pasta gigi.
Kegiatan yang juga merupakan aksi sosial bersama beberapa komunitas driantaranya komunitas armada pustaka bergerak yang terdiri dari onthel pustaka,ransel pustaka,matic pustaka,moge pustaka,gerobak pustaka serta relawan literasi yang juga memberikan sumbangan buku buku dan alat tulis yang juga dibantu oleh anggota kepolisian dari Polres Lampung Selatan.
Khusus di Pulau Rimau Balak menurut kepala unit pelaksana tekhnis (KUPT) Dinas Kesehatan Kecamatan Ketapang Samsu Rizal menerangkan saat ini ada sebanyak 1 unit puskesdes dengan satu bidan kepulauan yang tinggal di Pulau Rimau Balak.
Sumber: CENDANA NEWS
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *