Staying Alive: Launching Kampanye Perdana “Save Your Sweetheart”; Ramai, Keren, dan Edukatif

Teman-teman komunitas, pernahkah kalian mendengar komunitas bernama Staying Alive? Staying Alive merupakan sebuah organisasi independen berisikan anak-anak muda energik yang semangat untuk melakukan berbagai macam sosialisasi untuk menangani kasus kematian karena henti jantung. Diharapkan, sosialisasi tersebut dapat menurunkan angka kematian akibat henti jantung di Indonesia. Sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat awam pun mengerti bagaimana menangani kasus henti jantung. Kalian pun dapat turut serta melaporkan kejadian henti jantung melalui akun resmi LINE mereka.

Pada hari Minggu yang sendu dan hujan kemarin (12/2), Staying Alive, bersama dengan CIMSA Nasional dan Campaign.com, mengadakan sebuah kampanye perdana mereka yang sangat informatif, berikut dengan cek kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah secara gratis. Kami yakin pasti kampanye perdana ini sangat berkesan karena walaupun hujan, audiens dan orang-orang umum terlihat sangat antusias berkerumun di sebuah sudut car free day di bawah tenda berwarna hijau.

Kampanye yang mereka lakukan terdiri dari sebuah alur yang bila alur tersebut dilewati dengan baik, peserta akan mendapatkan kupon yang dapat ditukarkan dengan kesempatan cek gula darah, kolesterol, dan tekanan darah secara cuma-cuma. Bagi Komunita.ID yang juga merangkap sebagai peserta, kampanye edukatif ini amat menyenangkan.

Peserta diajak untuk sedikit imajinatif untuk membayangkan sebuah kondisi darurat dimana terdapat seseorang yang mengalami henti jantung. Terdengar menakutkan ya? Panitia kampanye “Save Your Sweetheart” ini nampaknya juga sweet, karena mereka menjelaskan materi tanpa terkesan menggurui. Peserta juga diberi kesempatan untuk melakukan RJP, alias resusitasi jantung paru. Seru lho, peragaan dengan  boneka peraga. Kampanye ini akan kami jadikan bekal pengalaman untuk kepentingan darurat di waktu yang akan datang.

“Save Your Sweetheart” ini dilaksanakan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat mengenai henti jantung.  Acara ini dihadiri oleh relawan-relawan Staying Alive yang sudah mendaftarkan diri di indorelawan.org serta masyarakat yang sedang berolahraga di kawasan Car Free Day. “Save Your Sweetheart” sendiri didukung oleh campaign.com dan indorelawan. Lebih dari 100 orang warga Jakarta tampak memenuhi booth dengan tenda hijau dari Staying Alive dan CIMSA ini.

“Senang sekali akhirnya acara pertama Staying Alive untuk masyarakat luas bisa terlaksana. Meskipun masih banyak kekurangan, tapi senang melihat antusiasme peserta yang datang. Semoga “Save Your Sweetheart” ini bisa dijadikan pembelajaran sehingga acara – acara Staying Alive selanjutnya bisa lebih baik,” kata Jonathan Grantomo, penggagas dari acara “Save Your Sweetheart”.

Apakah kalian bersemangat untuk ikut serta ke kampanye dan aksi lainnya dari Staying Alive? Yuk, ikuti kegiatan mereka di akun LINE official mereka di akun @stayingalive! Jangan pernah lewatkan kesempatan seperti ini, siapa tahu bermanfaat di kemudian hari.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *