Peringati Hari Kartini, Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Samosir Adakan Donor Darah

Banyak cara dilakukan setiap komunitas untuk memperingati Hari Kartini yang diperingati setiap tahunnya, salah satunya adalah Aksi Donor Darah. Hal inilah yang dilakukan Kabupaten Samosir. Dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Samosiir, Panitia Hari Kartini melakukan Aksi Donor Darah di Lapangan Hotel Dainang Pangururan, pada Jumat, (21/4/2017).

Menurut Ny. Sisca Donal Simanjuntak yang merupakan Ketua Panitia Hari Kartini, Aksi Donor Darah ini merupakan salah satu kegiatan dari sekian banyak kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya.

“Aksi Donor Darah ini merupakan salah satu kegiatan dari banyak kegiatan yang dilakukan panitia. Semoga dengan Aksi Donor Darah ini, dapat berbagi untuk sesama sehingga banyak nyawa tertolong,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris PMI Samosir,  Fernando Sitanggang mengatakan bahwa darah yang terkumpul akan langsung diserahkan kepada pihak RSUD Hadrianus Sinaga untuk diberikan kepada pasien yang membutuhkan.

“Dari Aksi Donor Darah tadi, terkumpul 12 kantong darah, dan selanjutnya langsung diserahkan kepada pihak RSUD Hadrianus Sinaga untuk digunakan pada pasien yang membutuhkan,” ujarnya.

Menurut Fernando Sitanggang, kebutuhan darah di kabupaten Samosir sangat tinggi sedangkan persediaan sangat kurang, sehingga sering pasien harus membeli darah ke luar daerah seperti Siantar dan Medan.

“Selain harga yang memberatkan pasien, juga dikhawatirkan sering terlambat darah datang dari daerah lain, padahal pasien sangat membutuhkan segera,” tambahnya.

PMI Samosir berharap kesadaran warga Samosir untuk mau berbagi darah bagi sesama, dan PMI Samosir siap diundang di setiap kegiatan yang hendak melakukan Aksi Donor Darah.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga berpesan kepada perempuan di daerah itu agar berperan aktif dalam mendukung pencapaian program pembagunan daerah supaya visi, misi Pemkab Samosir terwujud dengan baik.

Selain aksi donor darah, peringatan hari Kartini ke 38. Pemerintah Kabupaten Samosir melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial kepada lansia miskin dan penyandang disabilitas bagi tiga kecamatan, SianjurMula-mula, Harian dan Palipi. Tak ketinggalan lomba usaha peningkatan pendapatan keluarga ( UP2K)- PKK antar desa se-Kabupaten Samosir.

Sumber; Harian Andalas

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *