Rumah Baca Pamotan; Rumah Edukatif Untuk Dorong Literasi di Pamotan

Rumah Baca Pamotan berdiri pada tanggal 01 Juni 2013. Komunitas ini berada di Desa Pamotan, tepatnya di Dukuh Palan Wetan, Rt. 02/ Rw. 01 Pamotan Kode Pos 59261 dengan nomor handphone +62853-1144-6515, Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah.

Rumah Baca Pamotan menggerakkan diri dalam tradisi membaca, menulis, dan cinta lingkungan. Metode pendekatan yang digunakan adalah partisipatif, yaitu berperan bersama dan setara.

Komunitas Rumah Baca Pamotan buka setiap hari. Pengunjung dapat mengakses Rumah Baca dengan cara datang langsung. Kegiatan utama yang dilakukan membaca buku-buku koleksi yang telah tersedia. Buku koleksi terdiri dari dua kategori, yaitu buku sekolah, buku perkuliahan dan buku umum.

Anggota komunitas rumah baca adalah sejumlah relawan yang mendedikasikan dirinya untuk menyumbang buku, mengumpulkan buku, melayani baca, mendampingi menulis, dan memfasilitas kegiatan cinta lingkungan. Adapun sasaran komunitas rumah baca adalah anak-anak dan orang dewasa yang ada di sekitar lokasi rumah baca.

Kegiatan edukatif lainnya yang dilakukan dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Pada tanggal 28 Agustus 2013, Rumah Baca Pamotan mengadakan open house. Agenda dalam pembukaan rumah baca ini adalah diskusi warga dan pentas seni musik keroncong. Diskusi warga digelar di Rumah Baca dengan mengundang tokoh-tokoh Pamotan, pihak pemerintah desa Pamotan, aktivis perempuan, pemuda, dan anak-anak sekolah dengan tema “sinergi rumah baca dengan pembangunan sosial Pamotan”. Pascadiskusi warga, agenda selanjutnya yaitu pentas musik tradisi, yaitu dengan menghadirkan group musik keroncong rindu order dari kota Lasem. Pentas musik tradisi disambut antusius warga. Lantunan lagu-lagu yang familier untuk golongan usia menengah ke atas ini, berlangsung semarak sekali. Apalagi dua agenda di atas dalam momentum peringatan kemerdekaan Indonesia. 

Setiap hari Rumah Baca Pamotan telah menjadi pusat kegiatan belajar warga. Anak-anak dari kalangan tingkat TK, SD, SMP, dan SMA, setiap sore dan malam hari, selalu rutin hadir dengan aktivitas utama yaitu membaca dan belajar kelompok. Semua kegiatan dilaksanakan tanpa dipungut biaya.

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi Rumah Baca Pamotan, Rumah Baca juga melaksanakan pelatihan menari dan penulisan aksara jawa. Selain itu dalam memberikan kontribusi kepada lingkungan sekitar Rumah Baca Pamotan bekerjasama dengan Yayasan Bina Dhuafa menyelenggarakan berbagai bakti sosial diantaranya; Bakti Sosial Lansia, Baksos Ramadhan, Baksos Wakaf Al-Quran, Buka Bersama, Santunan Dhuafa dan Anak Yatim. Acara-acara tersebut dilaksanakan setiap tahunnya. Dimulai sejak 2014 hingga sekarang.

Komunitas Rumah Baca Pamotan juga kerap menyelenggarakan pengobatan medis dan alternatif bekerjasama dengan Paguyuban Pelestari Pusaka Bhre Lasem, Yonet Rembang, KALAL Rembang, Warung Pecel Lele Bang Thoyenk, Yayasan Bina Dhuafa, dll. Banyak warga masyarakat sekitar dan juga ada dari daerah-daerah di Kapupaten Rembang yang mengikuti pengobatan gratis ini. Kami ingin memulyakan mereka yang tak mampu berobat.

Dalam menunjang minat pembaca, kami Komunitas Rumah Baca Pamotan juga menyediakan program Komputer Pintar. Dalam program ini siswa dapat mencari informasi dan berbagai referensi internet serta fasilitas print hingga jilid sediakan. Tujuan program ini adalah agar anak merasa percaya diri mendapatkan semangat dalam mengerjakan tugas sekolah serta bisa ditunjukan anak minat belajar dan prestasi.

Komunitas Rumah Baca Pamotan juga peduli terhadap lingkungan sekitar. Ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan diantaranya bersih-bersih sungai bekerjasama dengan Remaja Pecinta Alam Pamotan. Kemudian juga melakukan Kemah Lintas Alam di Gua Kare tujuannya untuk memperkenalkan kepada anak-anak untuk peduli terhadap lingkungan dan kemudian bisa melestarikiannya.  Kegiatan di Gua Kare pada tahun 2015-2016 tidak hanya sampai di situ, Komunitas Rumah Baca Pamotan juga melakukan penenaman 1000 bibit pohon yang bekerjasama dengan REPPALA, JAR, Pemerintah Desa Pamotan, DKR Pamotan, KALAL, dll. Tujuan dari acara ini agar Gua Kare dapat lestari serta menumbuhkan bibit cinta lingkungan kepada anak-anak.

Rumah Baca Pamotan senantiasa mengajak bekerjasama kepada tokoh masyarakat, pemuda, dan instansi, dalam rangka menggerakkan diri dalam tradisi membaca, menulis, dan cinta lingkungan.

Komunitas Rumah Baca Pamotan juga  akan senantiasa hadir di hadapan masyarakat Pamotan dengan menggelar kegiatan-kegiatan yang sifatnya edukatif. Semoga masyarakat di sekitar Komunitas Rumah Baca mendapatkan manfaat dengan kehadiran Rumah Baca.

Sumber Informasi: BLOG Komunitas Rumah Baca Pamotan

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *