LOVEPINK INDONESIA PAPARKAN HASIL SURVEY SEPUTAR KANKER PAYUDARA DI INDONESIA

Sebagai salah satu wujud kepedulian dan rangkaian kegiatan kampanye kanker payudara di Indonesia, pada hari ini Lovepink mengumumkan hasil Lovepink Survey yang diinisiasi oleh Lovepink bersama MARS dan Detik Health dalam acara yang bertema “INDONESIA GOES PINK FOR THE LOVE OF LIFE” untuk mengetahui data akurat mengenai kanker payudara di Indonesia.

Selain itu, Lovepink juga mengumumkan kegiatan Indonesia Goes Pink (IGP) yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada tanggal 7-8 Oktober 2017 berkolaborasi dengan Bali Pink Ribbon, Reach to Recovery Surabaya dan Rumah Sakit Onkologi Surabaya.

Berdasarkan potret penderita kanker payudara di Jakarta yang diperoleh dari hasil Lovepink survey, ditemukan adanya pergerakan kearah pasien kanker payudara kearah usia muda yaitu 30-34 tahun dan banyak pasien kanker payudara sering terlambat dalam mendapatkan penanganan karena pasien datang untuk memeriksakan payudaranya setelah stadium lanjut.

Selain itu, sumber informasi yang paling percaya adalah pengalaman dari penderita kanker dan media sosial.  Pada hasil survey ditemukan ditemukan beberapa insight, diantaranya, masyarakat memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dengan dokter serta banyaknya responden yang mengetahui gejala fisik kanker payudara namun tidak melalukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dan SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis).

Shanti Persada, salah satu pendiri Lovepink menjelaskan, melihat berbagai potret dan fakta mengenai survey kanker payudara yang telah dilakukan,  diperlukan langkah aktif dari masyarakat dan pemerintah untuk mengatasi berbagai isu mengenai kanker payudara, diantaranya dengan memberikan penyuluhan mengenai kanker payudara disertai dengan cek medis gratis untuk memberikan pengetahuan seputar kanker payudara pada remaja, memberikan sosialisasi cara mendeteksi awal kanker payudara dengan SADARI dan SADANIS, selain itu masyarakat juga harus memilah informasi yang benar dan segera berkonsultasi kedokter jika menemukan gejala kanker.

Samantha Barbara, Wakil Ketua IGP menambahkan,”Kami melihat bahwa sumber informasi yang paling dipercaya adalah pengalaman dari penyintas, maka untuk menjawab hal tersebut, kami meyelenggerakan Indonesia Goes Pink (IGP) sebagai wadah bagi para warriors, survivors dan para supporter untuk dapat menggali informasi lebih dalam mengenai kanker payudara dan saling menyemangati serta bekerjasama untuk melawan kanker payudara.”

IGP merupakan kegiatan peduli kanker payudara yang terbuka untuk para warriors, survivors, kerabat dan keluarga. Rangkaian aktivitas IGP terdiri dari gathering bersama para survivor, workshop (make up class, self healing, belajar memakai kain) talkshow, Thousand Voices of Survivors Dinner (Sabtu, 7 Oktober) serta Pink Run, Fun Walk dan pemeriksaan USG di hari Minggu (8 Oktober) bagi para supporter yang ingin memberikan dukungan mereka kepada para warriors melalui aktivitas lari 5k, 10k, 21k dengan rute running course yang direncakan oleh penyelenggara event lari yang profesional.

Samantha menambahkan, “IGP turut melibatkan komunitas pelari untuk mendapatkan wareness mengenai kanker payudara. Biaya registrasi Pink Run adalah Rp 250.000 untuk 5K, Rp 300.000 untuk 10K, da nRp 400.000 untuk 21K. Informasi acara dan pendaftaran dapat dilakukan melalui www.indonesiagoespink.com yang telah dibuka sejak tanggal 18 Mei 2017 sampai 24 September 2017.

Pada kegiatan ini Seibu Department Store, salah satu department store terkemuka di Indonesia, turut mendukung Lovepink melalui program Shop and Share sejak tahun 2016 dimana program ini mengajak customer untuk berpartisipasi aktif untuk turut memberikan donasi yang nantinya akan disalurkan kepada Yayasan Daya Dara Indonesia.

Selain itu, Sorella, merek produsen pakaian dalam wanita terkemuka di Indonesia, juga turut memberikan dukungan pada kegiatan IGP 2017 melalui produk bra mastektomi yang saat ini sudah bisa didapatkan di Seibu Department Store,  dan akan tersedia di beberapa departement store seperti Centro, Matahari, Metro, Sogo dan Seibu yang tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Bali, Medan serta beberapa kota besar lainnya.

Sumber: Gayakeren.id

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *