Cegah Banjir, Komunitas Masyarakat Peduli Lingkungan Sungai (MPLS) Bersihkan Sungai

Komunitas Masyarakat Peduli Lingkungan Sungai (MPLS) dan Remaja Pinggir Kali (Repikal) Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon melakukan bersih-bersih sungai, Jumat (17/11). Titik sungai yang dibersihkan di antaranya Desa Karangreja dan Muara.

Kegiatan peduli lingkungan itu didasari banyaknya temuan sampah di sepanjang sungai wilayah Kecamatan Suranenggala. Sehingga aksi itu untuk antisipasi banjir, terlebih sudah memasuki musim penghujan.

Selain Komunitas MPLS dan Repikal, aksi itu diikuti Camat Suranenggala, Indra Fitriani dan jajarannya. Mereka bersama-sama turun membersihkan sungai dari kotoran sampah.

Camat Suranenggala Indra Fitriani mengatakan, kegiatan bersih-bersih sungai di Desa Muara dan Karangreja itu sebagai edukasi kepada warga. Tujuannya, agar warga juga peduli bahwa sungai harus bersih dari sampah dan mengalir.

“Sungai itu harus bersih, tidak kotor. Apalagi sekarang musim hujan, nanti bisa mengakibatkan banjir kalau banyak sampah,” ujar Fitriani.

Karena itu dia mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. Karena dampaknya air tidak bisa mengalir, tersumbat dan mengakibatkan banjir.

Sumber: RADAR CIREBON

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *