Komunitas Sedulur Wonosobo Bersatu Tanam 1000 Bibit Pohon Pinus Di Hutan Si Kenci

Komunitas Sedulur Wonosobo Bersatu (SWB) menanam 1.000 bibit pohon pinus di kawasan hutan Si Kenci Desa Pulosaren Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo, Minggu (17/12/2017). Ketua SWB Rakhmat Harjuno mengatakan, selain untuk mempererat silaturahmi antaranggota dengan komunitas lainnya, penghijauan ini juga mengajak masyarakat serta anggota sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

“Dipilihnya hutan Si Kenci karena di sini potensi terjadinya bencana longsor sangat besar, bahkan hampir tiap tahun terjadi longsor, apalagi mengingat di bawahnya ada Desa Ngempon,” ungkap Rakhmat.

Anggota DPR RI Choirul Muna yang turut dalam penanaman itu mengaku sangat mendukung dan mendorong kegiatan positif seperti yang digelar SWB. Ia berharap wisata di kawasan hutan Si Kenci dapat semakin hidup dan berkembang serta menyerap wisatawan sehingga akan mampu meningkatkan pendapatan daerah. “Saya berharap di sini nantinya akan ada wahana bermain seperti flying fox, arena paint ball, sepeda serta ayunan terbang dan wahana lainnya yang membuat orang tertarik untuk berkunjung ke sini,” tambah Muna.

Sementara, Priyo Wahyu Setyanto selaku perwakilan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berharap aksi penghijauan hutan tidak hanya bersifat seremonial belaka namun ke depan ada keterlanjutan dalam hal perawatan. “Semua pihak harus memiliki rasa peduli dan tanggung jawab untuk merawat dan menjaga pohon yang telah ditanam ataupun yang sudah tumbuh,” ujar Priyo.

Sumber: JAWAPOS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *