Gerakan Berbagi Buka: Salurkan Ribuan Paket Makanan Setiap Hari

Berbagi Buka, gerakan donasi paket makanan berbuka puasa yang diinisiasi oleh Rumah Amal Salman sudah memasuki tahun keduanya. Sejak berdiri pada tahun 2017, gerakan ini telah mengantarkan 62.000 paket makanan ke 101 masjid se-Bandung Raya sebagai mitra Berbagi Buka.

Bulan Ramadan 1439 H, Berbagi Buka menargetkan 10.000 paket makanan untuk 100 masjid dan komunitas di tujuh kota di Indonesia. Bersama Ifthar Rangers, komunitas penggerak Berbagi Buka mewadahi 70 relawan aktif untuk menyalurkan paket makanan setiap harinya.

Direktur Rumah Amal Salman, Kamal Muzakki mengatakan, tahun ini Berbagi Buka menyalurkan 2.500 paket makanan setiap hari. Ifthar Rangers bertugas menyebarkan paket makanan ke 30 masjid dengan masing-masing masjid mendapatkan 30 sampai 100 paket makanan. Di antaranya Masjid Lautze 2, Masjid Khoiru Ummah, dan Masjid Al Jabbar ITB Jatinangor.

“Tergantung kondisi dan acara yang sedang berjalan di masjid terkait,” kata Kamal kepada ayobandung, Rabu (23/5/2018).

Dalam sehari, Rumah Amal Salman memerlukan Rp40 juta untuk membeli 2.500 paket makanan. Selain menyalurkan dana untuk pembelian paket berbuka di Bandung, Rumah Amal Salman pun mendanai komunitas Ifthar Rangers di tujuh kota lain seperti Semarang, Jakarta, dan Yogyakarta. “Kami sediakan 500 paket makanan berbuka untuk di masing-masing kota,” ujarnya.

Dari segi jumlah, belum ada peningkatan yang signifikan dari Berbagi Buka tahun lalu. Target 10.000 paket per hari belum terpenuhi lantaran kekuatannya masih berada di 2.500 paket.

“Dana Berbagi Buka pun mungkin bisa dikatakan aman untuk satu sampai dua hari ke depan. Bagaimana besoknya kami berusaha untuk terus mengajak masyarakat sama-sama berbagi selama Ramadan,” ungkap Kamal.

Berbagi Buka memiliki portal berbagibuka.com yang lahir berkat kerja sama para panitia agenda Ramadan di masjid-masjid se-Bandung Raya. Selain informasi mengenai gerakan Berbagi Buka, portal tersebut menyediakan layanan donasi untuk menyukseskan gerakan ini selama sebulan ke depan.

“Dengan berdonasi di berbagibuka.com artinya donatur ikut menyukseskan agenda Ramadan yang terselenggara di masjid-masjid se-Bandung Raya dan beberapa wilayah di Indonesia,” pungkas Kamal.

Editor : Asri Wuni Wulandari

Sumber: Ayo Bandung

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *