Komunitas Hipnotis Bandung, Perkumpulan Anak Muda yang Edukasi Masyarakat tentang Hipnotis Positif

Saat mendengar kata hipnotis, pasti yang terbayang dari kalian adalah rasa takut karena bisa dirampok kan?

Faktanya, justru banyak orang yang menggunakan hipnotis untuk sesuatu yang bermanfaat lho.

 Jika dikuasai oleh orang yang baik, hipnotis tentunya bisa membantu mengelola rasa sakit, mengendalikan stres, kecemasan, hingga fobia.

Nah, hipnotis bermanfaat itu lebih dikenal dengan istilah hipnoteraphy guys.

Seiring berjalannya waktu, penggemar hipnoteraphy pun semakin banyak, bahkan ada yang membentuk suatu komunitas.

Salah satunya adalah Komunitas Hipnotis Bandung (KHB) yang dirintis sejak 2013 lalu.

Ketua Komunitas Hipnotis Bandung, Arbi Alfarisi menceritakan, awal tercetusnya komunitas tersebut, berawal dari dirinya yang suka menonton acara hipnotis di salah satu televisi swasta pada 2012.

“Setelah melihat tayangan tersebut, saya pun mulai tertarik dengan dunia hipnotis khususnya hipnoteraphy. Dari situ lah saya mulai mempelajari berbagai teknik hipnoteraphy,” ujar Arbi kepada Tribun Jabar saat ditemui di Taman Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana nomor 2, Kota Bandung, Selasa (29/1/2019) siang.

Arbi menambahkan, sebelum ia resmi membentuk KHB, Ia lebih dulu melakukan street hipnotis sendiri di sekitar kawasan Car Free Day (CFD) Dago, Bandung.

“Di CFD tersebut akhirnya saya bertemu dengan rekan-rekan yang lain, dan ternyata mereka juga minat terhadap dunia hipnotis. Karena sering ngumpul, akhirnya kami memutuskan untuk membuat Komunitas Hipnotis Bandung pada 2013,” ujar Arbi.

Arbi mengatakan, tujuan mereka membentuk KHB ini, yaitu untuk mengedukasi masyarakat yang masih awam tentang dunia hipnotis, sekaligus mengubah stigma negatif masyarakat terhadap hipnotis itu sendiri.

“Tak hanya edukasi saja, KHB juga berfungsi sebagai wadah para penggemar hipnotis atau hipnoteraphy untuk berkumpul, berbagi ilmu dan lainnya,” kata Arbi.

 Perihal kegiatan mereka, KHB punya kegiatan rutin yang bernama street hipnotis yang dilakukan di Taman Balai Kota, setiap Sabtu dari siang hingga sore.

Bentuk kegiatan street hipnotis ini di antaranya adalah edukasi tentang hipnotis, mengatasi trauma fobia, mengatasi ketergantungan terhadap rokok, dan street therapy.

“Selain Sabtu, kegiatan tersebut juga kami selenggarakan di CFD Dago setiap Minggu pagi,” ujar Arbi.

Selain street hipnotis, KHB juga melakukan kegiatan workshop hipnotis dan hypnomotivation setiap tahunnya.

Sasaran mereka adalah sekolah-sekolah di kawasan Bandung Raya, kampus-kampus, hingga instansi pemerintahan yang ada di Bandung.

“Kami juga sering diundang di berbagai acara untuk melakukan stage hypnotis, salah satunya kami ikut di acara gathering ITB,” kata Arbi

Berjalan kurang lebih 5 tahun, KHB saat ini memiliki anggota terdaftar sekitar 235 orang dari se-Bandunng Raya.

Bagi anggota baru yang ingin bergabung, bisa menghubungi mereka di akun Instagram @hipnotis_bandung, atau bisa menemui mereka langsung di Balaikaota setiap Sabtu dan di CFD Dago setiap Minggu.

Sumber : Tribun Jabar.
Penulis: Fasko dehotman
Editor: Yongky Yulius

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *