Komunitas Guru Juang Launching Buku Mimpi Penulis Cilik, Karya Seorang Pelajar

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Komunitas Guru Juang Kabupaten Bireuen melaunching buku berjudul “Mimpi Penulis Cilik”, karya Luqyana Gebrina, pelajar kelas I SMP Negeri 1 Bireuen, di Cafe Bireuen Partee, Sabtu (6/4/2019).
Buku yang ditulis oleh Islah Luqyana Gebrina ini dimulai sejak ia duduk di kelas 6  SD Negeri 4 Bireuen. Namun baru dirilis tahun ini setelah melalui proses editing.

Putri pasangan Ibrahim Achmad dan dr Syamsidar ini, sekarang tercatat sebagai pelajar kelas 1 SMPN 1 Bireuen. Ia menceritakan kemauannya menulis karena hobi membacanya.

“Orang tua saya hobi membaca, jadi saya juga hobi membaca sehingga penasaran bagaimana cara menulis buku,” kata Luqi yang didampingi guru pembimbingnya Mailiyana SPd, guru SDN 4 Bireuen.

Ketua Komunitas Guru Juang, Alfian MPd mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Komunitas Guru Juang kepada pegiat literasi di Bireuen. “Ini bisa menjadi inspirasi bagi kita terutama guru untuk menulis,” ujarnya.

Dikatakan Alfian, guru harus peka dengan literasi, guru dituntut mampu dengan pembelajaran abad 21. Kalau tidak siswa di era industri 4.0 akan belajar dalam ruang industri 3.0, dan diajarkan oleh guru industri 2.0, lebih parah lagi kalau materi pembelajarannya dari industri 1.0.

“Komunitas Guru Juang Kabupaten Bireuen merupakan komunitas yang bergerak di bidang pendidikan dengan fokus pada pengembangan karir guru,” ujar Alfian.

Kegiatan ini dihadiri Kasi Kurikulum Pembinaan SD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bireuen, Yusmadi SPd, pengurus dan anggota Komunitas Guru Juang yang sebagian besar juga sudah menulis buku.

Penulis: Ferizal Hasan
Editor: Jalimin
Artikel ini disadur dari Tribun Aceh.

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *