Profil Komunitas Turuntangan Banjarmasin

Komunitas Turuntangan Banjarmasin adalah komunitas sosial atau organisasi non-profit yang diisi para anak muda Banua untuk menggelar aksi sosial berbasis kerelawanan.

Komunitas Turuntangan tersebar di 54 kota/kabupaten di seluruh Indonesia termasuk di kota Banjarmasin.

Turuntangan Banjarmasin dibentuk pada 6 Agustus 2016.

Tujuan dari gerakan Turuntangan sendiri adalah menggerakkan para pemuda untuk terlibat aktif dalam menangani permasalahan yang ada di sekitarnya baik itu di bidang pendidikan, sosial, kesehatan, maupun lingkungan.

Anggota TurunTangan Banjarmasin saat ini kebanyakan terdiri mahasiswa dan pekerja.

Terdiri atas mahasiswa ULM, Uniska, UIN, dan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Markas Komunitas Turuntangan Banjarmasin berlokasi di salah satu di rumah anggota relawan yang berada di Jalan Kinibalu Mulawarman, Banjarmasin.

Saat ini kegiatan rutin TurunTangan Banjarmasin yaitu ‘Tikar Baca’ yang dilakukan setiap minggu sore.

Tikar Baca yaitu suatu kegiatan membuka lapak baca gratis di Siring Menara Pandang Banjarmasin.

Terkadang dijadwalkan juga untuk membawa Tikar Baca langsung menyasar ke pemukiman warga seperti yang pernah kita lakukan di desa Lok Baintan dan gang Titian Sungai Jingah.

Untuk buku-buku Tikar Baca yang didapatkan selama ini kebanyakan donasi dari internal atau anggota sendiri dan dari pihak luar secara pribadi maupun kelompok.

Kemudian kegiatan rutin lainnya adalah Ruang Eksperd yang diagendakan 1 tahun 2x yang berjalan selama 3 bulan.

Ruang Eksperd merupakan project pendidikan dari TurunTangan Banjarmasin yang ingin membawa akses pendidikan yang merata terutama di daerah yang masih minim akan fasilitas pendidikannya.

Kegiatan ini diisi dengan pembelajaran tentang penggunaan komputer khususnya software yang sering digunakan yaitu Microsoft Office.

Kegiatan Ruang Eksperd yang pertama telah dilakukan di desa Jelapat, kabupaten Barito Kuala, dengan jumlah murid sekitar 15 orang dengan tingkat kelas 3 SMP.

Kemudian yang kedua dilakukan di desa Berangas Timur bekerjasama dengan Muda Banua (Hasnur Group) untuk melakukan pendidikan dan pelatihan bersama.

(Banjarmasinpost.co.id/Amirul Yusuf)

Artikel ini telah tayang di Tribun Banjarmasin
Penulis: Amirul Yusuf
Editor: Edinayanti

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *