Enam Tips Menumbuhkan Minat Baca Anak Sejak Dini

Membaca merupakan kebiasaan yang harus ditanamkan sejak dini kepada buah hati. Meskipun terkesan membosankan, namun kegiatan ini memiliki banyak manfaat.

Selain bisa menambah ilmu serta berpikir lebih kritis dan bijak, sebuah penelitian dari Purdue University membuktikan bahwa anak-anak preschool (usia 3 sampai 5 tahun) yang sering membaca buku cenderung berperilaku lebih baik.

Sayangnya, banyak anak di Indonesia yang tidak memiliki kebiasaan tersebut. Berikut ini ada beberapa cara dan tips untuk menumbuhkan minat baca pada anak.

1. Bacakan buku pada anak.

Cara menumbuhkan minat baca anak sejak dini adalah dengan membacakan buku cerita atau mendongeng setiap hari sejak si kecil bayi. Lakukan kegiatan tersebut saat senggang atau sebelum tidur.

Kebiasaan tersebut secara nggak langsung akan mempengaruhi buah hati dan membuatnya terbiasa dengan kegiatan membaca saat sudah beranjak dewasa.

2. Membuat jadwal khusus untuk membaca bersama.

Orang tua juga bisa membuat jadwal khusus untuk membaca bersama demi menanamkan kebiasaan positif tersebut sejak dini. Apabila si kecil belum bisa membaca, manfaatkan waktu ini untuk mengajarinya.

Membuat jadwal rutin untuk membaca bersama akan membuat buah hati terbiasa. Tidak perlu lama-lama cukup 10 sampai 15 menit saja. Selain membuat anak terbiasa, kegiatan tersebut juga akan memberikan contoh kepada si kecil bahwa membaca merupakan hal yang menyenangkan dan digemari oleh semua anggota keluarga.

3. Ajaklah ke perpustakaan.

Cara menanamkan minat baca kepada anak lainnya adalah dengan mengajaknya mengunjungi toko buku dan perpustakaan. Biarkan si kecil memilih buku yang ia suka (tentu saja, yang sesuai dengan usianya). Kemudian, minta buah hati untuk membacanya.

4. Sediakan buku sesuai usia.

Orang tua juga bisa menyediakan buku-buku yang sesuai dengan usia anak untuk menumbuhkan minat baca.

Letakkan buku-buku tersebut di beberapa tempat yang mudah dijangkau oleh si kecil agar ia bisa membacanya kapan saja.

5. Ajak anak berdiskusi.

Apabila buah hati sudah cukup pintar diajak berkomunikasi, ajaklah si kecil untuk berdiskusi. Mintalah anak untuk menanggapi cerita yang kamu bacakan atau yang sudah ia baca.

Orang tua juga bisa meminta anak menceritakan tokoh mana yang ia suka atau bagian cerita mana yang membuatnya tertarik. Selain membuat si kecil lebih suka membaca, hal ini juga akan mengasah keterampilan buah hati untuk berkomunikasi.

6. Jangan memaksanya.

Saat merasa dipaksa, anak akan tertekan dan justru membenci kegiatan yang diperintahkan. Maka dari itu, pastikan buah hati melakukannya dengan sukarela sehingga membaca bisa menjadi kebiasaan yang menyenangkan.

Artikel ini telah terbit di Qupas.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *