Komunitas ibu-ibu di Barabai kumpulkan donasi untuk berbagi

Komunitas yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga asal Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) kumpulkan donasi bersama untuk membantu warga kurang mampu melalui program yang mereka namakan SIJUM (Nasi Jumat).

Menurut salah satu anggota komunitas Risalatul inayah, Senin (28/5) di Barabai menyampaikan inisiatif itu berawal dari kegiatan yang dilakukan secara pribadi oleh seorang ibu rumah tangga dengan membagikan nasi bungkus setiap hari Jum’at kepada para pekerja jalanan seperti tukang sapu, tukang becak dan para pasukan kuning.

Kemudian kegiatan itu berkembang menjadi lebih luas dengan cara mengumpulkan sedekah atau donasi dari orang-orang yang ingin berbagi dengan orang lain.

“Awalnya kegiatan itu dilakukan setiap hari Jumat dengan membagikan nasi bungkus yang kami sebut SIJUM (Nasi Jum’at),” katanya.

Selanjutnya kegiatan itu mendapat sambutan positif dari para donatur yang tersebar di beberapa wilayah, penerimaan donasi dilakukan dengan cara langsung dan sistem transfer antar bank.

Kegiatan itu menurutnya sudah berjalan sebelum bulan ramadan yang secara rutin membagikan nasi bungkus setiap hari jumat kepada para pekerja di jalan, panti asuhan, sekolah PAUD yang orangtuanya kebanyakan dari yang kurang mampu serta para lansia kaum dhuafa di wilayah Barabai dan sekitarnya.

Tujuan dari kegiatan ini tidak lain untuk saling berbagi kepada orang lain dan mengumpulkan donasi dari masyarakat yang digunakan kembali untuk membantu warga yang kurang mampu.

Dijelaskannya banyaknya bantuan yang diberikan tergantung dari jumlah donasi setiap minggunya. Pada bulan ramadan komunitasnya juga mengadakan kegiatan buka puasa bersama di beberapa panti asuhan bersama anak yatim piatu.

“Besaran donasi pada bulan ramadan ini sebesar Rp10 ribu per orang untuk nasi, lauk pauk, takjil, air mineral, dan air hangat. Sedangkan pada bulan selain ramadan hanya sebesar Rp5 ribu yang terdiri dari nasi bungkus dan air mineral,” katanya.

Dia berharap dengan adanya Sijum Barabai ini sebagai salah satu wadah yang dapat lebih memudahkan warga berbagi dengan orang lain.

“Karena jika kita mau membuka mata dan telinga kita, begitu banyak orang yang mengharapkan bantuan dari kita semua,” katanya.

Untuk ke depannya Dia berharap bisa lebih banyak lagi dapat berbagi, tidak hanya nasi bungkus, namun juga sembako dan alat-alat sekolah bagi anak-anak yang kurang mampu.

“Dengan uluran tangan kita semua, sedikit demi sedikit jika dilakukan bersamaan maka akan menjadi banyak dan insyaallah bermanfaat bagi orang lain,” katanya.

Bagi yang ingin berbagi Dia menyampaikan bisa menghubungi panitia atas nama Netta dengan nonor hp 085249944433 atau Risa 085347632599 untuk info lebih lanjut.

“Yang ingin berdonasi bisa langsung mengirimkan ke rekening BRI 014 301 000 706 531 atas nama Yunita Anggraini, insyallah bantuan dari semua pihak akan kami salurkan,” katanya.

Dia berpesan jangan biarkan mereka mengemis dan jangan tunggu mereka meminta. Karena hidup akan lebih bermakna dengan berbagi bersama orang lain.

kalsel.antaranews.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *