Gadgetgrapher; Dari Photo Walk Hingga Pameran Fotografi

Sejak abad ke 5 sebelum masehi beragam eksperimen tentang kamera  telah dilakukan oleh sejumlah ilmuan dari Irak, hingga pada abad ke-19  Tahun 1839 merupakan tahun awal kelahiran fotografi. Pada tahun itu, di Perancis dinyatakan secara resmi bahwa fotografi adalah sebuah terobosan teknologi. Saat itu, rekaman dua dimensi seperti yang dilihat mata sudah bisa dibuat permanen.

Perkembangan fotografi tak lepas dari perkembangan teknologi, sejak pertama kali ditemukan-nya kamera Obscura yang menjadi ide dasar pembuatan kamera, terus  dikembangkan hingga ditemukan-nya kamera film, dan akhirnya saat ini di era fotografi digital kamera film sudah jarang digunakan.

Saat ini banyak orang yang menjadikan Fotografi sebagai hobby, dan tak sedikit pula yang bekerja secara professional di bidang Fotografi. Keindahan dari karya fotografi menjadi daya tarik bagi sebagian orang untuk mempelajarinya, hingga membentuk sebuah komunitas fotografi.

Pada umumnya Komunitas Fotografi saat ini banyak menggunakan kamera jenis DSLR, namun seiring pekembangan teknologi kini mulai bermunculan komunitas fotografi yang beda dari komunitas fotografi pada umumnya. Salah satunya adalah Gadgetgrapher Kaltim, sebuah komunitas fotografi yang menggunakan gadget sebagai pengganti kamera DSLR.

Gadgetgrapher pertama kali dibentuk di Jakarta pada bulan Juli 2014 oleh Kang Yasin, berawal dari KHGW (Kamera Hp Gue) yang berinisatif untuk membentuk komunitas fotografi yang berbasis smartphone, kemudian terus berkembang hingga ke 15 Provinsi dan mulai masuk ke Kalimantan Timur pada bulan September 2014 yang pertama kali dibentuk di Samarinda.

Gadgetgrapher Kaltim ber-anggotakan 350 orang yang berasal dari berbagai kota di Kalimantan Timur seperti Samarinda, Balikpapan, Tenggarong, dan berasal dari kalangan Mahasiswa, Pelajar, dan Profesional. Gadgetgrapher Kaltim mengadakan Foto Walk yang menjadi kegiatan rutin mereka setiap 2 minggu sekali. Tidak mau kalah dengan Komunitas Fotografi lain-nya, Gadgetgrapher juga pernah mengadakan Pameran Fotografi yang pertama kali diadakan di Samarinda dan kedua di Balikpapan.

Menurut Iwan (Pengurus Gadgetgrapher Region Balikpapan) saat ditemui KlikBalikpapan (Kamis,25 Juni 2014) Gadgetgrapher Kaltim dibentuk sebagai  wadah para pencinta  fotografi yang menggunakan gadget, dan untuk harapan kedepan-nya Komunitas Gadgetgrapher diharapkan bisa lebih kreatif dan dikenal secara umum.

Sumber: Klik Balikpapan

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *