Cara Merawat Bodi Mobil Warna Putih Ala Komunitas White Car Indonesia

Kini, mobil berwarna putih seakan jadi idola dan makin diminati banyak orang. Meskipun dulu sempat  dihindari karena dianggap sulit dalam melakukan perawatan. Buktinya ada komunitas pencinta mobil dengan warna cat putih, salah satunya White Car Indonesia (WCI).

Klub ini menaungi semua jenis dan tipe, selama berwarna putih. Warna putih menggambarkan warna yang elegan dan bersih, namun jika tidak dirawat dengan baik akan cepat sekali kusam dan menguning.

“Kalau perawatan yang penting rajin di-wax saja, karena warna putih itu lebih cepat menangkap kotoran, asap kendaraan atau debu jalan,” ujar Prayudi Ananda Sufna, yang menjabat sebagai penasehat White Car Indonesia chapter Cianjur.

Jika sedang tak sempat membawa mobil ke car wash, bisa lakukan cara sederhana untuk dilakukan di rumah. Terpenting, cara perawatan  bodi warna putih gunakan shampo khusus yang memiliki PH netral.  Lalu soal parkir, jika memang tidak memiliki garasi, agar mobil terhindar dari sinar matahari langsung, bisa menggunakan cover car. Namun jangan sembarangan membeli cover.

“Sebaiknya jangan gunakan cover yang hanya memiliki satu lapisan kain, yang hanya melindungi mobil dari panas sinar matahari dan terpaan air hujan saja,” ungkap Herry, Manajer DTM Station car wash di Jl. M. Saidi Raya, Petukangan Selatan, Jaksel.

Menggunakan cover juga sebaiknya perlu diperhatikan, jika menutup mobil dari malam, usahakan untuk membuka cover di pagi hari.

“Tujuannya agar embun pada bodi kembali terurai dan tidak mengendap,” tutur Capung, sapaan akrab Herry. Sebab hal ini dapat menyebabkan cat jadi kusam dan menimbulkan jamur. Simak langkah perawatannya.

  1.  Sebelum mencuci, bersihkan bodi dengan kemoceng untuk membersihkan debu yang menempel, setelah itu siram bodi dengan air dari atas hingga kotoran jatuh ke bawah.
  2. Setalah bodi bersih dari debu, semprotkan air mulai dari atas ke bawah.
  3. Saat akan menggosokkan sampo, gunakan wash mitt atau lap khusus mobil agar tidak terjadi baret pada cat. Karena jika menggunakan busa, biasanya masih ada sisa debu atau kotoran kasar, itu akan menimbulkan goresan pada bodi.
  4. Agar makin kinclong, poles dengan wax yang sudah banyak dijual di pasaran.
  5. Selain rutin cuci bodi dan poles, yang harus diperhatikan juga adalah tempat parker. Usahakan mobil diparkir di tempat yang terhindar dari paparan sinar matahari langsung.
  6. Lindungi bodi dengan cover agar terhindar dari debu, tapi pilih yang materialnya bagus.

Sumber: Otomotif Net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *