Cakrawala Timur Foundation: Wujudkan Masyarakat Pedesaan Yang Kuat dan Berdaya

Cakrawala Timur merupakan Organisasi Nirlaba yang berbentuk Yayasan dengan kepemilikan secara kolektif, yang melakukan pengkajian, advokasi, pendidikan, penguatan dan pemberdayaan masyarakat  pedesaan yang menjadi korban pelanggaran HAM, ketidakadilan sosial dan gender serta memberikan supporting sistem bagi Organisasi rakyat di wilayah Jawa Timur.

Didirikan di  Surabaya  pada  tanggal  10  Agustus 1991 oleh para aktivis mahasiswa dan pasca mahasiswa dari berbagai kota dan perguruan tinggi di Jawa Timur, yang peduli terhadap persoalan-persoalan sosial yang terjadi di masyarakat. Dengan kondisi dan situasi tersebut sebagian mahasiswa dari Surabaya dan Malang mencoba menuangkan ide dan gagasannya mengenai keberlangsungan dan keberlanjutan praktik pengorganisasian dan pendampingan yang tidak dibatasi oleh status dan mencoba mendorong memfasilitasi generasi berikutnya.

Saat ini Yayasan Cakrawala Timur terus menunjukkan kiprahnya dengan tujuan mewujudkan masyarakat (organisasi) pedesaan yang kuat, mandiri, berdaya, sejahtera, berdaulat dan mampu terlibat dalam setiap pengambilan kebijakan serta melakukan perubahan kebijakan di tingkat desa di Jawa Timur melalui kegiatan pendidikan, kajian dan advokasi serta menjalin kerja sama dengan tokoh-tokoh yang mempunyai kekuatan / power / legitimasi publik dengan sistem kemitraan.

Sumber: INFID

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *