Gugah Nurani Indonesia; Fokus Pada Pemberdayaan Masyarakat & Perjuangkan Hak-Hak Anak

Gugah Nurani Indonesia adalah organisasi kemanusiaan non pemerintah yang bekerja sesuai pilar-pilar SDGs, terutama pada bidang yang berkenaan dengan hak-hak anak dan pemberdayaan masyarakat. Gugah Nurani Indonesia merupakan yayasan berbadan hukum di bawah Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Nomor: AHU – 594.AH.01.04.Tahun 2009.

Gugah Nurani Indonesia dibentuk pertama kali pada tahun 2008 oleh Good Neighbors International, sebuah organisasi non pemerintah yang berdiri di Korea Selatan pada tahun 1991. Good Neighbors International bergerak dalam bidang kemanusiaan dan pembangunan dengan UN ECOSOC sebagai badan penasihat umum.

Good Neighbors International mulai bekerja di Indonesia ketika bencana tsunami melanda Sumatra, tepatnya di Aceh dan Sumatra Utara. Pada tanggal 11 Januari 2005. Kemudian, pada tahun 2008, Good Neighbors meluaskan daerah proyek ke Jakarta untuk lebih menjangkau anak-anak dan keluarga yang tinggal di komunitas kurang mampu. Sejalan dengan itu, Jakarta pun  ditetapkan sebagai Kantor Pusat kegiatan Good Neighbors di Indonesia. Pada tahun yang sama, kami juga membuka satu daerah proyek baru di Jakarta Utara, yaitu Rawa Badak Selatan, dengan mendukung 300 anak kurang mampu.

Untuk memudahkan kami dalam menjalankan berbagai program untuk masyarakat, maka dibentuklah  organisasi lokal dengan nama Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI). Hingga kini, Gugah Nurani Indonesia sudah memiliki 17 wilayah dampingan yang dikenal dengan istilah CDP (community development project) atau proyek pengembangan masyarakat di 10 propinsi di Indoensia.

Berikut prioritas kerja dari GNI, diantaranya; 1) Bekerja untuk mencapai sanitasi yang baik, pemulihan gizi, kesehatan dan layanan kesehatan bagi anak-anak di daerah dukungan, 2) Mempromosikan hak-hak anak dan melindungi mereka dari pelecehan dan cedera, 3)  Mempromosikan pendidikan dasar, 4) Membantu keluarga-keluarga untuk meningkatkan pendapatan mereka, 5)  Mendukung orang-orang yang terkena dampak bencana alam, keadaan darurat, dan membantu komunitas dalam mengurangi kemiskinan.

Sumber: Website Gugah Nurani Indonesia

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *