Jalan Bareng Ke Goa Gudawang

Pada November 2015, Komunitas Jalan Bareng Indonesia mengadakan jalan bareng ke Goa Gudawang. Goa ini tepat berada di Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg, Bogor. Sebelum hari H, peserta jalan bareng di briefing lebih dahulu oleh ketua komunitas, Bang Rino dan Wali tentang apa saja yang harus disiapkan, seperti pakaian ganti, headlamp alat bantu menyusuri goa yang gelap, sandal gunung atau sepatu trekking, dan masker karena di dalam Goa banyak kotoran kelelawar.

Perjalanan dimulai pukul 09.00 dengan berkumpul di Stasiun Parung Panjang, setelah itu dilanjutkan dengan angkutan umum jurusan Bunar. Perjalanan yang ditempuh sekitar 1 jam untuk sampai di pintu gerbang Goa Gudawang. Goa Gudawang terdiri dari 12 Goa, tim jalan bareng memutuskan untuk memasuki salah satu Goa saja yaitu Goa Sipahang. Untuk sampai ke mulut Goa Sipahang, diperlukan waktu berjalan sekitar 300 m dari pintu masuk.

Saat mulai menyusuri Goa, suasana gelap dan hawa yang benar-benar dingin mulai terasa, dan medan yang dilalui saat menyusuri Goa Sipahang ini sangat menantang, mulai dari medan tanah liat, climbing dinding goa, dan menyusuri sungai bawah tanah yang cukup dalam. Walaupun begitu, perjalanan dengan komunitas Jalang Bareng tetap terasa seru karena bisa saling menjaga selama perjalanan, saling membawa diri, rendah hati dan terbuka dengan teman yang baru bergabung dengan Jalan Bareng.

FOTO: DOK. KOMUNITAS JALAN BARENG INDONESIA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *