Peringati Hari Kartini, Komunitas Seni Pinggiran (KONSPIRe) Gelar Bancakan Budaya

Peringati Hari Kartini, Komunitas Seni Pinggiran (KONSPIRe) menggelar Bancakan Budaya di Gentong Miring Sluke, (20/4/ 2018) petang.

Dalam acara tersebut, KONSPIRe menampilkan seni dari berbagai kota. Mulai dari Reog Kendang Tulungagung, Unen-unen dari Rengel Tuban, Barongan Woro Kragan, Macapat Sari Raras Rembang, Wayang pakeliran padat, pantomim Amin Prop Rembang, perform Arif Ponco Atmojo Tuban dan lain lain.

Ketua KONSPIRe Zamroni Allief Billah mengatakan, kegiatan ini digelar secara mandiri diluar acara Gema Kartini Rembang.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga digelar untuk mencecap ruh perjuangan dan perlawanan Kartini terhadap tantangan zaman.

Di sisi lain, KONSPIRe juga berharap menjadi bagian perjuangan menjaga seni dan tradisi yang terpinggirkan oleh kemajuan zaman yang sudah tak terbendung lagi arahnya.

“Oleh karenanya, proyeksi ke depan kita lebih fokus untuk mendampingi kesenian yang hampir hilang dari peredaran. Seperti Wayang Bengkong, Emprak, Laesan, Wayang Gagrag Lasem dan sejenisnya,” urainya.

Sementara itu, momen ini akan menjadi pijakan awal untuk pergerakan ke depan dalam mengiringi bangkitnya kembali seni tradisi Rembang.

Abdul Chamim pegiat Seni Rembang yang juga pemilik Gentong Miring Art Gallery mengatakan, tentunya seluruh komponen masyarakat untuk nyawiji meniti (bersama sama) mengembangkan esensi seni itu sendiri.

“Mari berkesenian bersama dengan baik,” ajaknya.

Kemudian ia juga kembali mengajak memahami tentang seni tradisi, seni kerakyatan, dan seni yang merakyat.
“Komunitas-komunitas yang hadir, siap menuangkan cinta melalui masing masing gelaran yang disuguhkan. Cinta murni tanpa sekat-sekat kelompok atau golongan cinta yang membumi sebab kesadaran-kesadaran langit,” tukasnya.

Sumber: SEPUTAR MURIA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *