Komunitas Kampung Dongeng Seloko, Tumbuhkan Kreativitas Anak, dari Baca Puisi Sampai Doling

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – 20 Maret diperingati sebagai hari dongeng sedunia. Mengenai mendongeng, ingatkah kamu kapan terakhir kali mendengarkan dongeng?

Di Jambi, ada komunitas yang aktif melakukan kegiatan mengongeng kepada anak-anak yaitu komunitas kampung dongeng seloko. Komunitas ini telah ada sejak 2013 dan merupakan bagian dari kampung dongeng Indonesia.

Rizka Dwi Astuti (30), pendongeng dari komunitas kampung dongeng Seloko mengatakan ada banyak kegiatan yang dilakukan diantaranya pekan cerita yang diadakan satu bulan sekali ditiap hari minggu.

“Kegiatannya bukan hanya mendongeng, ada juga membaca puisi, membuat cerita, membuat hal yang menyangkut kreativitas,” ungkapnya, Rabu (20/3/2019).

Anak-anak TK asik mendengarkan dongeng
Anak-anak TK asik mendengarkan dongeng (tribunjambi/nurlailis)

Selain itu ada program rutin seperti doling atau dongeng keliling yang mengunjungi sekolah, paud, TK, taman baca. Kemudian ada juga dongeng jemput berkah yang kegiatannya selain mendongen juga berbagi kepada yang membutuhkan.

Di hari dongeng sedunia ini ia berharap ingin satu cerita yang disampaikan itu pesannya sampai ke anak-anak dan bisa mereka terapkan.

“Satu cerita yang baik memberikan makna yang baik,” ucapnya.

Selain itu komunitas kampung dongeng ingin menggiatkan kembali dongeng kepada anak-anak. Memang gadget itu penting namun bagaimana selain gadget ada kegiatan kreatifitas lain seperti baca buku dan bercerita. Juga mengajak orang tua agar gemar mendongeng.

Penulis: Nurlailis
Editor: budi
Disadur dari Tribun Jambi.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *