PEKKA: Petani Perempuan di Pelosok Sudah Tersentuh Internet

Dalam lima tahun terakhir ini, internet berkembang dengan sangat pesat dan bahkan menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Di Indonesia sendiri, penggunaan internet dikatakan sudah cukup baik karena sudah tersedia di beberapa pelosok Tanah Air, meski ketersediaannya telat dan belum berjalan maksimal.

“Di NTT, sudah ada sinyal selama satu atau dua tahun terakhir,” kata Nani Zulminarni, seorang aktivis pendiri gerakan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA),  mengungkapkan, apalagi kini internet sudah masuk kecamatan, sehingga petani yang khususnya perempuan, bisa belajar pelan-pelan menggunakan internet.

“Mereka (petani perempuan) sudah ada motivasi untuk menggunakan internet,” tambahnya. Jika tingkat pertumbuhan pengguna internet ini terus tinggi dalam beberapa tahun ke depan, maka Indonesia akan menjadi salah satu pasar internet yang penting di dunia.

Namun, Nani melanjutkan, masih ada sejumlah hambatan dalam perkembangan internet di luar kota-kota besar, yaitu infrastruktur jaringan dan literasi.

“Pendidikan penduduk sangat berpengaruh. Mereka pikir internet tidak penting, justru mereka lah yang membutuhkan,” ujar Nani. Internet bisa memudahkan segala pekerjaan bertani, seperti mencari informasi cara bercocok tanam yang baik, mengecek mutu tanaman, hingga menjual bahan pokok secara online.

Ilustrasi dan berita diambil dari sumber.

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *