Sahur On The Road Ala Komunitas Anak Etam Mandiri

Puluhan anak muda  Samarinda yang tergabung dalam Komunitas Anak Etam Mandiri  (AEM)  memanfaatkan bulan suci Ramadhan dengan mengisi kegiatan sahur on the road keliling kota Samarinda.

“Momen Ramadhan ini memang ladang mencari pahala dengan tertib, tidak ugal-ugalan  dan tetap mematuhi aturan lalu lintas” kata koordinator  lapangan  Eky Saputra di dampingi  Ronald (humas AEM)  di Samarinda.

Ia mengatakan kegiatan sahur on the road  sudah  dilakukan setiap tahun   untuk berbagi rizqi  kepada sesama serta untuk memeriahkan bulan ramadhan . kegiatan ini   dilakukan   dengan  konvoi keliling kota, kemudian  mendatangi terget  untuk berbagi  santapan sahur,  dan  dilanjutkan   berkeliling   hingga  menjelang  adzan subuh berkumandang.

Eky  mengatakan kegiatan  dimulai pukul  2.00   dinihari dengan melakukan persiapan,   rute yang dilewati   kawasan jalan  pasar Pagi,  menyusuri jalan Bayangkara,  Jalan Pahlawan  dan ke lokasi Pasar Segiri.  Kemudian dilanjutkan  ke jalan Sutomo, M.Yamin, Jl Pembangunan, Jalan Juanda, Sirad Salman dan Jalan Gajah Mada.

Adapun target  sahur on the road  pada 29 Juni lalu adalah para  padagang  kaki lima,  pedagang  di pasar Segiri serta  para penyapu jalan.  setiap kali  melakukan  sahur on the road  Komunitas Etam Mandiri  menyediakan paket makanan  sebanyak 250 paket dan  sebagai cindera mata diberikan sarung.

Menurutnya  jumlah  peserta sahur on the  road sekitar 25 orang yang terdiri dari  komunitas perwakilan dari Yayasan IA.Moeis, mahasiswa, penggiat media sosial dan media massa. Kegiatan  sahur on the road berakhir dengan melakukan sholat subuh di Masjid Islamic Center.

Eky menjelaskan  sahur on the road dilakukan Komunitas Anak Etam Mandiri  diminggu pertama dilakukan di Kecamatan Samboja (Kabupaten kutai Kartanegara), minggu ke dua di Kota Balikpapan  dengan  target  para  anak yatim.

Selanjutnya  pada Minggu ke tiga  di Kota Samarinda  dengan  target  para  pedagang dan penyapu jalan  serta masih ada satu kegiatan lagi di minggu terakhir.

“Kami berharap kegiatan ini terus berlangsung  di setiap bulan Ramadhan dan akan lebih banyak lagi  untuk berbagi kepada sesama.  Berbagi tidaklah sulit untuk dilakukan, terlebih di bulan Ramadhan, bulannya  berbagi kepada sesama.” ujarnya.

Eky Saputra menambahkan Komunitas  Anak Etam Mandiri  adalah kumpulan anak muda  yang memiliki visi  dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dinaungi oleh yayasan  IA.Moeis Foundation.

Sumber: Antara

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *