Komunitas-Komunitas Magetan Gelar Upacara Bendera di Persawahan

Di Magetan, Jawa Timur, sejumlah kelompok masyarakat memperingati hari kemerdekaan dengan menggelar upacara bendera di area persawahan. Komunitas yang bergabung itu adalah Wong Magetan Peduli (WMP), Kelas Inspirasi, Tembang Pitoe, Blogger Magetan, Dulur Magetan Penuh Kenangan (DMPK), Magetan Hypnotist Community (Mahico), Perpustakaan Dbuku, Komunitas Perantau Asal Magetan (Kompag), Komunitas Seruling Etan (KSE), dan lainnya.

Berlatar Gunung Lawu, puluhan pemuda tersebut memenuhi area persawahan yang baru selesai dipanen, di Dusun Pandak, Desa Cepoko, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan. Bendera Merah Putih dikibarkan pada sebatang bambu sebagai tiang bendera, dan seluruh peserta upacara memberikan hormat sepanjang lagu Indonesia Raya berkumandang.

“Kami sebut ini upacara rakyat, dilakukan oleh rakyat dengan cara kerakyatan. Semua sederhana dan apa adanya. Tapi kami serius dan gembira merayakannya,” ujar Jojo Prasetyo, Koordinator Upacara.

Dipilihnya persawahan sebagai lokasi upacara, kata Jojo, karena makin sedikit generasi muda yang mau menekuni pekerjaan sebagai petani. Profesi petani dianggap kelas bawah dan tidak menarik untuk digeluti. “Turun ke sawah dan ladang saat ini dianggap tidak keren. Padahal pertanian adalah soko guru kedaulatan pangan kita.”

Minimnya minat generasi muda untuk menjadi petani, mengakibatkan berkurangnya lahan garapan efektif, sehingga mengancam produktivitas pangan. “Padahal negeri kita ini subur. Siapa yang akan menanami kalau bukan kita sendiri,” lanjutnya.

Peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-71 itu diakhiri dengan potong tumpeng dan makan bersama di tepi sawah. Ungkapan syukur atas alam Indonesia yang subur.

Sumber: Mongabay

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *