Malang Skateboard Scene; “Skateboarding, Friendship, Dedication, and Achievements”

Globalisasi memicu berkembangnya olahraga extreme di Indonesia, salah satunya skateboard. Olahraga ini sudah mempunyai induk organisasi yaitu ISA (Indonesia Skateboard Asosiation  yang mempunyai visi dan misi serta jadwal yang jelas untuk pengembangan dan pembinaan olahraga skateboard. Dunia skateboard Indonesia mampu bersaing di Asia, banyak skater Indonesia yang berprestasi di event yang boleh dikatakan berlevel  internasional. ISA sebagai induk organisasi olahraga skateboard telah memberikan eksestensinya menunjang dunia skateboard Indonesia dengan pengadaan skatepark diberbagai kota di Indonesia, hasilnya skill yang dimiliki kini sudah mulai merata di kalangan skater-skater diberbagai kota, tidak lagi didominasi oleh kota Jakarta dan Bandung saja seperti dulu.

Namun sayangnya, jangkauan ISA tidak bisa menyentuh Kota Malang. Sehingga salah satu  komunitas skate di Malang merasa sangat tertinggal dengan skater-skater kota lain. Padahal, animo masyarakat Kota Malang sangat besar sekali dengan olahraga skateboard ini. Terbukti dengan banyak diadakannya kontes skateboard dan berbagai event yang melibatkan skateboard. Di event yang berskala Nasional tidak jarang skateboarder-skateboarder Kota Malang yang berprestasi walaupun latihan hanya dengan fasilitas yang minim sekali.

Sebelum mendirikan organisasi Malang Skateboard Scene, sebenarnya pernah ada komunitas skateboard di kota Malang sebelumnya akan tetapi tidak pernah terlihat. Setelah diamati ternyata organisasi sebelumnya telah tertidur, sehingga dibentuk ulang komunitas skateboarder dengan visi dan misi yang sama tetapi berbeda kepengurusan, yaitu MALANG SKATEBOARD SCENE (MSS).

MALANG SKATEBOARD SCENE (MSS) mempunyai tujuan untuk:
1. Membangun skatepark sebagai sarana latihan guna melatih kekreatifan dan mental para skateboarder Malang.
2. Membangun komunitas yang tertata rapi dan terorganisir di kota Malang.
3. Mengadakan event-event di Malang dengan kelas pemula, menengah dan amatir
4. Membawa Skateboarder masuk dalam daftar KONI

Sementara motto dari MALANG SKATEBOARD SCENE (MSS) yaitu:
“Skateboarding, Friendship, Dedication, and Achievements”

Skateboarding merupakan sebuah olahraga ekstrim yang banyak digemari oleh kalangan muda-mudi. Friendship berguna untuk meningkatkan kebersamaan di antara para skateboarder di Kota Malang dari seluruh komunitas. Dedication adalah loyalitas dari para skateboarder untuk kemajuan olahraga skateboard di Kota Malang. Achievement mampu melahirkan prestasi dan membawa nama besar Kota Malang di dalam event nasional.

Saat ini, anggota MSS sudah mencapai 93 orang dan keseluruhan anggota mendapatkan fasilitas Kartu Tanda Anggota dan stiker, guna untuk mendapatkan free tiket masuk skatepark yang akan segera dibangun di Malang.

Sumber: Halo Malang

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *